Sports

Dua Bintang Barca Sabet Penghargaan UEFA 2014/2015

Portal Berita

Kabar gembira datang untuk para fans Lionel Messi. Gol pemain asal Argentina ke gawang Bayern Munich di ajang Liga Champions tersebut ditasbihkan sebagai gol terbaik UEFA musim 2014/2015, mengungguli pesaing setianya, Cristiano Ronaldo, dan gelandang Arsenal, Aaron Ramsey.

UEFA menentukan pemenang via sebuah jajak pendapat di situs resminya. Juli lalu, sebelum liga-liga Eropa belum memulai kompetisinya, UEFA sudah lebih dulu mengumumkan 10 nominasi gol terbaik.

Gol luar biasa Messi yang terpilih sebagai gol terbaik UEFA terjadi kala Barcelona menang atas Bayern. Bintang kelahiran Rosario tersebut mencetak gol dengan cantik pada sebuah leg pertama babak semifinal Liga Champions. Saat itu, Blaugrana menang 3-0.

Pada pertandingan tersebut, Messi berhasil menceploskan dua gol, dan yang terpilih sebagai gol terbaik adalah golnya yang kedua. Gol tersebut terjadi lewat sebuah cara yang tak biasa. La Pulga, julukan Messi, membuat Jerome Boateng sebagai pesakitan. Bek Bayern itu bahkan sampai terjatuh saat mencoba membayangi Messi yang sedang menggiring bola. Namun, tak hanya Boateng yang menjadi pesakitan. Kiper yang digadang-gadang sebagai kiper terbaik di dunia, Manuel Neuer, jadi korban keduanya di momen tersebut. Messi mencungkil bola untuk mengecoh kiper timnas Jerman tersebut.

Messi menjadi pemuncak dalam daftar gol terbaik dengan raihan 39% dari total 507 ribu lebih pemilih, atau sekitar kurang lebih 200 ribu voters, yang sudah menggunakan hak pilihnya melalui laman resmi UEFA.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh gol Ronaldo saat merobek gawang Liverpool di fase grup Liga Champions 2014/2015. Gol apik tersebut tercipta dari kerja sama yang rapi yang berujung pada keberhasilan Ronaldo. Ia menuntaskan umpan lob James Rodriguez untuk menjebol gawang Simon Mignolet. Gol Ronaldo tersebut memperoleh 24% suara.

Di posisi selanjutnya, Ramsey menempati urutan ketiga. Gol diciptakan lewat tendangan voli first time dari luar kotak penalti berhasil mendapat 9% suara.

Penyelamatan Ter Stegen Terbaik

Tahun 2014/2015 memang tahun kesuksesan Barcelona. Selain titel Liga Champions dan penghargaan gol terbaik, penjaga gawang mereka, Marc-Andre ter Stegen juga meraih penghargaan. Kiper muda asal Jerman tersebut mampu menyabet penghargaan Penyelamatan Terbaik versi UEFA pada musim 2014-2015.

Aksi memukau ter Stegen saat Barcelona melakoni partai kedua semifinal Liga Champions, 12 Mei 2015, menjadi alasannya. Aksinya ketika menyelamatkan Barcelona dari kebobolan memang sungguh luar biasa. Upaya striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, lewat tendangan kerasnya dari jarak dekat tak mampu membobol gawang Blaugrana. Tak hanya menepis tendangan, ter Stegen juga dengan fantastis menghalau bola liar yang meluncur ke gawangnya, tepat di garis gawang.

Ter Stegen berhasil menyingkirkan nama-nama besar, seperti Manuel Neuer (Bayern Muenchen Vs AS Roma, 5 November 2014), Thibaut Courtois (Chelsea Vs Paris Saint-Germain, 11 Maret 2015), dan Joe Hart (Barcelona Vs Manchester City, 18 Maret 2015).

Aksi penyelamatan ter Stegen berhasil meraup 66.240 suara atau 28% dari total suara. Sedangkan rekan senegaranya, Neuer, hanya mampu meraih 20% suara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top