Sports

India Disanksi FIFA, Ini 3 Dampak Seriusnya Bagi Negeri Anak Benua

India Disanksi FIFA

Federasi Sepak Bola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA. Setelah India disanksi FIFA, beberapa dampak besar pun dialaminya. FIFA membekukan AIFF usai federasi itu dibubarkan oleh pengadilan tertinggi India pada Mei 2022 lalu dan menunjuk Komite Administrator yang berisi tiga anggota untuk mengatur olahraga ini.

Sementara itu, hal tersebut tak sesuai dengan statute FIFA sebab seluruh federasi sepak bola tidak boleh dicampuri oleh hukum maupun politik. FIFA pun dikabarkan tengah berkoordinasi dengan Kementerian Olahraga India.

Setelah India disanksi FIFA, sejumlah agenda besar sepak bola di negara itu pun ikut terdampak. Berikut tiga dampak pembekuan AIFF oleh FIFA.

India Batal Mengikuti Piala Asia 2023

India sukses memenangkan seluruh pertandingan di Grup D Kualifikasi Piala Asia 2023. Ini membuat mereka berhasil meraih satu tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Namun setelah dijatuhi sanksi FIFA, otomatis membuat India batal tampil di Piala Asia 2023. India seharusnya mencatatkan penampilan pada dua edisi Piala Asia 2023 berturut-turut. Tetapi, rekor ini pun harus terhapus.

Karena batal berlaga di Piala Asia 2023, negara lain pun sepertinya akan mendapat kesempatan. Sejauh ini Filipina kemungkinan akan menggantikan India.

Filipina jadi kandidat pengganti India sebab menjadi satu-satunya negara yang tak lolos klasemen runner-up terbaik.

Jika benar terjadi, maka Filipina akan menemani Malaysia, Thailand, Indonesia dan Vietnam dari Asia Tenggara.

Lihat Juga: Indonesia Lolos, Ini Jadwal Piala Asia 2023 Mendatang

Dilarang Bertanding di Ajang Internasional

Setelah India disanksi FIFA, mereka pun dilarang berlaga di ajang internasional selama pembekuan. Contohnya, Piala Asia 2023 yang merupakan salah satu ajang internasional.

India pun tidak diperbolehkan mengikuti agenda FIFA Matchday pada September 2022. Padahal, mereka berencana melawan Vietnam. Sanksi itu pun membuat laga persahabatan tersebut terpaksa batal. India harus menyelesaikan masalahnya lebih dulu jika ingin kembali tampil.

Karena, sanksi bukan hanya berlaku untuk timnas, melainkan klub-klub India juga dilarang ikut dalam pertandingan internasional.

Klub dari India diboikot dari semifinal inter-zone AFC Cup 2022 yang digelar September mendatang. Artinya, ATK Mohun Bagan harus menghentikan langkahnya di AFC Cup 2022.

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Wanita U-17 2022 Setelah India Disanksi FIFA

India yang seharusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita U-17 2022, terpaksa harus batal. Padahal, undian peserta sudah selesai digelar pada 24 Juni 2022 lalu. Penyelenggara juga telah menjual tiket pertandingan bagi penonton yang ingin menyaksikannya langsung di stadion.

Terlebih, waktu penyelenggaraan hanya kurang dari dua bulan sebab dijadwalkan berlangsung pada Oktober nanti.

India disanksi FIFA juga menjadi pukulan telah di tengah peringatan hari kemerdekaan ke-75. Pihak yang berwenang pun harus menyelesikan masalah dengan cepat agar sepak bola India bisa kembali berjalan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top