Sports

Indonesia Juara BATC 2022, Tim Putri Akhiri Paceklik Gelar Bergengsi

Indonesia Juara BATC 2022, Tim Putri Akhiri Paceklik Gelar Bergengsi

Penantian panjang selama 26 tahun telah berakhir setelah Indonesia juara BATC 2022. Tim putri Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Korea Selatan di partai final, Minggu (20/2/2022). Korea Selatan kalah 3-1 dari Indonesia pada final BATC 2022 di laga final yang digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia.

Kesuksesan Indonesia sebagai juara BATC 2022 yang merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu Asia membuat tim putri Indonesia menyudahi paceklik gelar bergengsi yang telah berlangsung sejak 1996.

Terakhir kali tim beregu putri Indonesia meraih gelar bergengsi yaitu saat Piala Uber 1996 alias 26 tahun silam. Saat itu Indonesia yang diperkuat oleh nama-nama kondang seperti Susi Susanti dan Mia Audina mengalahkan China 4-1 di babak final.

Juara BATC 2022: Indonesia Kembali Berkibar Sejak Sanksi WADA

Berhasil jadi juara BATC 2022 juga membuat tim putri Indonesia untuk pertama kalinya menyandang gelar terbaik di Asia. Sebelumnya prestasi terbaik tim putri ialah meraih medali perunggu di Kejuaraan Beregu Asia 2018.

Kesuksesan tim putri kali ini juga diwarnai dengan kembali berkibarnya bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di arena. Ini merupakan kali pertama bendera Indonesia dapat dikibarkan setelah WADA menjatuhi sanksi pada tahun lalu.

Sementara itu, Gregoria Mariska Tanjung selaku kapten tim putri mengaku bangga bisa turut mengukir sejarah. Yaitu untuk pertama kalinya lolos ke final beregu Asia dan keluar sebagai juara.

“Saya bangga dan bersyukur Puji Tuhan bisa membawa tim putri Indonesia juara. Ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim. Semua pemain tampil hebat dan penuh semangat,” kata Gregoria.

Lihat Juga: Final Putra BATC 2022: Indonesia Jumpa Malaysia Usai Mengalahkan Singapura

Indonesia juga memiliki kans menyapu bersih gelar kejuaraan ini setelah tim putra akan berhadapan dengan Malaysia di pertandingan final yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Tim putra Indonesia sendiri memegang status juara bertahan BATC. Sejak pertama kali turnamen beregu Asia ini bergulir pada 2016, tim putra Indonesia merebut gelar juara pada 2016, 2018 dan 2020.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top