Sports

Indonesia Vs Vietnam, Skuad Garuda Kalah Telak

Indonesia Vs Vietnam, Skuad Garuda Kalah Telak

Laga Indonesia vs Vietnam berhasil dimenangkan Vietnam dengan skor telah 4-0. Dalam pertandingan yang dilakukan di Al Maktoum Stadium, Dubai pada Senin (7/6/2021), timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae Yong harus mengakui keunggulan Vietnam.

Sebelumnya, Indonesia pernah dikalahkan Vietnam paling telak pada 15 Oktober 2019 silam. Pertandingan yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali itu membuat Indonesia harus mengakui kekalahan dengan skor 1-3. Kini, kekalahan 0-4 dalam pertandingan terbaru di Dubai menjadi kekalahan terbesar yang dialami skuad Garuda atas Vietnam.

Permainan Keras Dalam Pertandingan Indonesia Vs Vietnam

Shin Tae Yong memahami permainan keras tim Indonesia ketika melawan Vietnam, namun ia menegaskan tak menginstruksikannya, melainkan improvisai pemain. Pelatih Indonesia itu menilai, semangat pemain Timnas Indonesia memang menggebu-gebu saat melawan Vietnam. Hal tersebut tidak terlepad dari psywar yang sering terjadi dari keduanya sebelum pertandingan dimulai.

Selain itu, ada juga faktor ingin balas dendam dari Timnas Indonesia yang dalam beberapa pertandingan terakhir dikalahkan oleh Vietnam. Hal-hal tersebut akhirnya terakumulasi dan turut mempengaruhi permainan Timnas Indonesia vs Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin Tae Yong Salahkan Wasit Pertandingan

Dalam pertandingan Indonesia melawan Vietnam kemarin, Shin Tae Yong mengeluhkan soal kepemimpinan wasit di lapangan. Kekalahan timnya itu disebut tidak lepas dari peran wasit. Bagi Tae Yong, mental para pemain Garuda menurun drastis di babak kedua karena wasit pertandingan yang dianggap memiliki andil dalam kekalahan Indonesia.

Misalnya ketika gol pertama dalam laga Indonesia vs Vietnam kemarin, dimana gol pertama Vietnam dinilai berbau handball. Nguyen Tien Linh mulai mencetak gol bagi Vietnam di menit ke-51. Yang menjadi masalah yaitu, bola sempat menyentuh tangannya lebih dulu sebelum masuk ke gawang Timnas Indonesia.

Lihat Juga: Timnas Indonesia Vs Thailand Berakhir Imbang

Merasa tidak terima, para pemain Garuda pun memprotes keras wasit. Namun justru kartu kuning diberikan kepada kiper Nadeo Argawinata karena protes kerasnya.

“Jadi di babak kedua, gol pertama dari wasit dan linesman keliru mengambil keputusan sebab itu pasti mengenai tangan pemain Vietnam. Sebab itu, flow pertandingan menjadi susah bagi kami,” kata Shin Tae Yong saat konferensi pers setelah pertandingan.

Tidak hanya handball, pelatih Timnas Indonesia itu juga menyoroti keputusan wasit yang tidak menghadiahi penalti untuk Indonesia. Saat Saddam Gaffar jatuh di kotak penalti ketika berusaha mengejar bola contohnya. Wasit tetap bergeming dan laga dilanjutkan, menurut Tae Yong, jatuhnya Saddam tersebut harusnya diberikan hadiah penalti untuk Timnas.

To Top