Sports

Ini Aturan Piala AFF U-19 2022 yang Buat Timnas Indonesia Tersingkir

Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. Sebelumnya, Garuda Nusantara berhasil mengakhiri babak grup dengan kemenangan telak atas Myanmar 5-1. Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia mendapatkan 11 poin.

Di tempat lain, pertandingan Vietnam vs Thailand diakhiri dengan skor sama 1-1. Hasil tersebut membuat kedua negara sama-sama mengoleksi 11 poin di akhir babak grup. Karena hal ini, Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir karena kalah head to head antara tiga tim.

Pada peraturan Piala AFF U-19 2022, jika terdapat tiga tim yang memiliki nilai sama, penentunya yaitu poin yang diperoleh antara laga ketiga tim. Kemudian selanjutnya yaitu selisih gol dalam pertandingan di antara ketiga tim dan terakhir jumlah gol dalam duel antara ketima tim.

Artinya menurut aturan tersebut, penentuan posisi terbaik antara Vietnam, Thailand dan Indonesia yang memiliki poin sama hanya mengacu hasil antara ketiga tim lebih dahulu.

Lihat Juga: Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Ini 4 Negara Sudah Dipastikan Lolos!

Indonesia meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Vietnam dan 0-0 lawan Thailang. Hal ini membuat Timnas Indonesia U-19 memiliki dua poin dari dua pertandingan melawan Vietnam dan Thailand dengan selisih gol 0-0.

Sementara hasil imbang Vietnam vs Thailand yang berakhir 1-1 membuat keduanya sama-sama mengoleksi dua poin dalam pertandingan di antara tiga tim. Bedanya, mereka mempunyai selisih gol 1-1.

Artinya, Timnas Indonesia U-19 kalah jumlah gol dalam pertandingan yang terjadi di antara tim yang punyai poin dan selisih gol sama.

Jika saja pertandingan Vietman vs Thailand berakhir dengan skor 0-0, maka Indonesia yang akan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Hal ini terjadi karena ketiga tim akan memiliki nilai dua poin dan selisih gol 0-0 dalam head to head antara ketiganya.

Dengan demikian, poin perhitungan yang berlaku yaitu selisih gol secara keseluhuran. Dalam hal ini Indonesia lebih unggul ketimbang Vietnam dan Thailand.

PSSI Lakukan Rapat Darurat untuk Piala AFF U-19 2022

Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengaku ada kemungkinan untuk mengajukan protes secara resmi ke Asean Football Federation (AFF) mengenai hasil seri 1-1 antara Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Gaya permainan kedua tim, terutama setelah skor imbang, menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Keduanya tidak lagi munjukkan permainan agresif dan menekan lawan.

“Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan,” ujar Iriawan.

Lihat Juga: Indonesia Lolos, Ini Jadwal Piala Asia 2023 Mendatang

Terkait hal itu, Iriawan mengatakan PSSI bakal segera mengadakan rapat internal pada Senin (11/7/2022) untuk menentukan tindakan yang akan dipilih.

“Kami akan mendiskusikannya secara internal besok. Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak termasuk direktur teknik sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top