Sports

Inilah 3 Kontroversi Keputusan Al Adba Saoud Ali, Wasit Pertandingan Vietnam vs Thailand

Inilah 3 Kontroversi Keputusan Al Adba Saoud Ali, Wasit Pertandingan Vietnam vs Thailand

Seperti diketahui, laga semifinal Piala AFF 2020 antara Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 2-0. Dalam pertandingan hari, Kamis (23/12/2021) sore WIB itu, Vietnam dipaksa untuk mengakui keunggulan Thailand.

Dua gol Thailand tersebut dicetak oleh Chanathip Songkrasin. Namun laga sore itu dipenuhi beberapa kontroversi. Bahkan nama wasit pertandingan Vietnam vs Thailand, yaitu Al Adba Saoud Ali sampai jadi topik panas di Twitter.

Wasit asal Qatar itu dianggap mengeluarkan beberapa keputusan yang merugikan bagi timnas Vietnam. Merangkum berbagai komentar warganet Twitter, inilah tiga kontroversi keputusan wasit Al Adba Saoud Ali dalam pertandingan Vietnam vs Thailand.

Lihat Juga: Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2020: Singapura vs Indonesia Berakhir Imbang

Kartu Kuning Nguyen Tuan Anh

Gelandang timnas Vietnam, Nguyen Tuan Anh, langsung mendapatkan kartu kuning saat laga baru berlangsung tiga menit. Kartu dikeluarkan lantaran Tuan Anh melakukan pelanggaran terhadap pemain Thailand. 

Namun, sebetulnya kartu kuning dinilai belum pantas dikeluarkan, lantaran Nguyen Tuan Anh baru melakukan pelanggaran pertama dalam pertandingan itu.

Wasit Tutup Mata Terhadap Sikutan Theerathon Bunmathan

Kontroversi wasit Al Adba Saoud Ali berikutnya terjadi tidak lama usai Tuan Anh diganjar kartu kuning. Ketika berebut bola, Theerathon Bunmathan dinilai melakukan sikutan lumayan keras kepada Nguyen Quang Hai.

Walau begitu, wasit pertandingan Vietnam vs Thailand itu tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Padahal, sikutan itu sama kerasnya dengan pelanggaran Nguyen Tuan Anh yang langsung diberi kartu kuning pada awal laga.

Kiper Thailand Lolos dari Kartu Merah

Drama wasit Piala AFF 2020 ini mencapai puncaknya saat semenit sebelum pertandingan babak pertama berakhir. Kiper Chatchai melakukan pelanggaran keras dalam situasi advantage terhadap pemain Vietnam, Van Toan.

Lihat Juga: 3 Syarat Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2020 Usai Tahan Imbang Vietnam

Sang kiper lari cukup jauh dari kotak penalti dan terdapat upaya pelanggaran apabila melihatnya dari tayangan ulang. Biasanya, pelanggaran itu akan dihadiahi kartu merah. Namun wasit Al Adba Saoud Ali hanya mengganjar Chatchai dengan kartu kuning.

Akibatnya, Ketua Umum Federasi Sepak Bola Vietnam Duong Van Hien pun geram akan peristiwa itu. Ia menilai wasit Piala AFF 2020 itu seharusnya memberikan kartu merah kepada Chatchai.

“Menurut aturan, wasit akan memberi kartu merah ke penjaga gawang apabila dia melakukan pelanggaran di luar kotak penalti untuk menghindari situasi yang mengarah ke gol,” ujarnya dikutip dari Zingnews.

Itulah tiga kontroversi wasit Al Adba Saoud Ali yang merupakan pengadil dalam pertandingan semifinal leg pertama AFF 2020 antara Vietnam vs Thailand.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top