Sports

Jadwal SEA Games 2022 di Vietnam, Agendakan 40 Cabor dan 526 Nomor Pertandingan

Jadwal SEA Games 2022 di Vietnam, Agendakan 40 Cabor dan 526 Nomor Pertandingan

Selain Piala Dunia Qatar 2022 yang diselenggarakan pada akhir tahun 2022, ternyata kawasan Asia Tenggara juga menggelar pesta olahraga lain, yaitu SEA Games 2022. Bahkan acara ini akan segera digelar. Tepatnya kapan jadwal SEA Games 2022 berlangsung?

SEA Games sendiri merupakan pesta olaharaga regional yang digelar secara berkala oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Southeast Asia Games telah diadakan sejak lama dan tiap negara di kawasan tersebut akan menjadi tuan rumah secara bergilir.

Jadwal SEA Games 2022

Menurut rilis resmi, pesta olahraga ini akan berlangsung mulai 12 Mei 2022 hingga 23 Mei 2022. Keputusan tersebut berdasarkan rapat virtual dari komite olimpiade nasional negara-negara ASEAN dan SEAGF.

Gelaran akbar dua tahunan ini akan digelar di Hanoi Vietnam. Pastinya negara yang menjadi tuan rumah ini juga menghadapi rintangan yang tidak mudah, mengingat seluruh persiapan dilakukan di tengah pandemi.

Lihat Juga: Sea Games 2017, Malaysia Tukar Bendera Thailand dengan Indonesia

Kabar baiknya, akhir-akhir ini pandemi mulai bisa dikendalikan dan dikontrol. Sehingga diharapkan pada penyelenggaraannya nanti acara ini dapat berjalan lancar tanpa ada kendala yang dapat menghambat SEA Games Vietnam 2022.

Pertandingkan 40 Cabang Olahraga

Tahun ini, setidaknya ada 40 cabang olahraga (cabor) dan 526 nomor pertandingan. Banyaknya cabor ini diharapkan dapat menjadi sebuah kesempatan bagi tiap negara untuk menampilkan wakil terbaiknya pada setiap cabor yang dipertandingkan.

Pemilihan cabor ini dilakukan berdasarkan diskusi bersama federasi olahraga nasional, pihak penyelenggara dan Komite Olimpiade Vietnam. Bukan itu saja, pemilihan itu juga didasari oleh Peraturan SEAGF dan Piagam.

Cabang akuatik menjadi cabang dengan nomor terbanyak, yakni 48 nomor. Kemudian disusul oleh cabang atletik yang memiliki 47 nomor. Yang menarik dari SEA Games 2022 ini adalah adanya pertandingan catur China alias Xiangqi untuk pertama kali.

Lihat Juga: Menpora Saksikan Indonesia Dicurangi Wasit Sea Games 2017

Dengan banyaknya cabor dan nomor pertandingan ini diharapkan tiap negara dapat memaksimalkan potensi atlet miliknya sehingga akan menciptakan persaingan yang seru, sehat dan layak dinikmati.

Itulah sedikit informasi terkait jadwal SEA Games 2022 di Vietnam yang akan digelar dalam waktu dekat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top