Sports

Jatuh-Bangun Greysia/Apriyani Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani menempuh perjalanan panjang dan berliku untuk menembus babak final Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Lee Sohee/Shin Seungchan pada Sabtu (31/7/2021) pagi WIB.

Greysia Polii kini menjadi atlet tertua perebut medali emas Olimpiade cabang olahraga bulutangkis nomor ganda putri. Ia berhasil meraih emas di usianya yang menginjak 33 tahun. Pasangan Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menutup final Olimpiade 2020 dengan menaklukan ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yifan.

Greysia/Apriyani menang dua gim langsung dengan sekor 21-19, 21-15 pada duel yang diselenggarakan di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021). Catatan ini juga menjadi sejarah bagi Indonesia. Karena, untuk pertama kalinya Indonesia meraih medali emas ganda putri sejak dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992.

Ha ini semakin istimewa karena Greysia meraihnya saat usianya tidak lagi muda, yaitu 33 tahun pada 11 Agustus mendatang. Dibandingkan dengan para peraih medali emas Olimpiade di nomor ganda putri, Greysia merupakan atlet tertua.

Sebut saja, peraih medali emas di Barcelona 1992 yang merupakan ganda putri Korea pertama, Chung So-young. Ia meraih emas pada usia 25 tahun, begitu pula pasangannya Hwang Hye-young yang kala itu berusia 26 tahun.

Sementara pada 1996 di Olimpiade Atlanta, medali emas direbut oleh wakil China Ge Fe/Gu Jun pada usianya yang ke-21 tahun. Keduanya, juga meraih medali yang sama pada 2000 di Olimpiade Sydney saat usianya 25 tahun.

Di Olimpiade Athena 2004, wakil China kembali mendapat medali emas melalui pasangan Yang Wei/Zang Jiewen. Kala itu mereka berusia 25 tahun dan 23 tahun.

Begitu pula pada Olimpiade Beijing 2008, medali emas diraih oleh atlet 24 tahun dan 22 tahun asal China Du Jing/Yu Yang. Sedangkan pada 2012, Tian Qing/Zhao Yunlei asal China meraih emas pada saat mereka berusia 26 tahun.

Terkahir pada Olimpiade Rio 2016, medali emas ganda putri diraih oleh Misaki Matsutomo/Ayaka Takashi pada usia 24 tahun dan 22 tahun. Dengan begitu, Greysia Polii menjadi pemain bulutangkis sektor ganda putri tertua yang meraih medali emas pada ajang Olimpiade di usianya yang ke-33 tahun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top