Sports

Kevin Diks, Pemain Liga Champions yang Digadang-gadang Gabung Timnas Indonesia

Kevin Diks, Pemain Liga Champions yang Digadang-gadang Gabung Timnas Indonesia

Bek kanan asal klub Liga Denmark FC Copenhagen Kevin Diks disebut PSSI akan menggantikan Ragnar Oratmangoen sebagai calon pemain Timnas Indonesia yang dinaturalisasi.

Kabar Kevin Diks menggantikan Oratmangoen ini telah dibenarkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani melalui unggahannya di Instagram.

"Hari ini banyak yang bertanya kepada saya, apakah benar seperti di berita: Ragnar Oratmangoen diganti oleh Kevin Diks? Iya berita tersebut benar. Ini adalah karena ada permintaan dari Coach STY (Shin Tae Yong)," tulis Hasani Abdulgani.

Dari segi usia, Diks lebih tua satu tahun (25) dari Oratmangoen (24). Sementara itu, dari sisi posisi bermain, Diks dapat ditempat di sejumlah posisi, baik bertahan maupun menyerang.

Dalam statistik Transfermarkt, sejak memulai karirnya pada 2013/2014, Disk dapat dimainkan sebagai bek kiri dan kanan, bek tengah, gelandang tengah, gelandang bertahan dan sayap kanan.

Lihat Juga: Shin Tae Yong Berhentikan Dua Asisten Pelatih Timnas Indonesia Per Januari 2022

Secara keseluruhan pemain yang lahir di Apeldoorn ini mempunyai spesialis bertahan dan ideal sebagai bek kanan. Berbeda dengan Ragnar Oratmangoen yang lebih menyerang.

Perjalanan Karir Kevin Diks

Karir Kevin Diks berawal dari Vitesse Arnhem. Bersama klub senior Vitesse, ia bermain dalam 75 laga di seluruh ajang, termasuk Kualifikasi Liga Europa.

Puncak karirnya di Vitesse adalah saat tim itu menjuarai Piala Belanda 2016/2017 setelah mengalahkan AZ Alkmaar 2-0. Pada pertandingan tersebut Diks mencatatkan satu assist.

Hanya saja, dalam musim juara tersebut Diks merupakan pemain pinjaman dari Fiorentina yang membelinya pada 2016.

Tak berkembang di Fiorentina, Kevin Diks kemudian dipinjamkan ke Vitesse. Lalu ia kembali dipinjamkan ke Feyenoord Rotterdam pada 2017/2018.

Di Feyenoord, Diks mendapat pengalaman bersaing di Liga Champions. Ia tercatat tiga kali tampil di Liga Champions melawan klub-klub raksasa Eropa seperti Napoli, Manchester City dan Shakhtar Donetsk.

Bersama salah satu klub Liga Belanda itu pula Diks meraih dua kemenangan, Piala Belanda 2017/2018 dan Piala Super Belanda 2018.

Hingga kini, karir Diks banyak diisi sebagai pemain pinjaman. Dari Feyenoord ke Fiorentina, hingga ‘diasingkan’ ke Empoli. Berstatus pemain pinjaman lagi di Aarhus GF, hingga ia bebas transfer di Copenhagen.

Lihat Juga: Diam-diam, Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dan Jordi Amat Sedang Diurus PSSI

Di musim ini Diks telah bermain dalam 26 laga bersama Copenhagen, empat pertandingan di antaranya pada ajang Europa Conference League. Pada 25 pertandingan tersebut Diks menciptakan tujuh gol dan delapan assist.

Meski begitu, saat ini Kevin Diks diketahui tengah cedera sejak pekan ke-16 Liga Denmark. Belum diketahui pasti berapa lama ia menjalani pemulihan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top