Sports

Kevin Sanjaya Bongkar Pemicu Konflik Berawal dari Olympic 2016, Herry IP: No Comment!

Kevin Sanjaya

Konflik antara Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pelatih kepala ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi atau Herry IP memanas. Kedua pihak saling komentar di media.

Sektor unggulan Merah Putih yang selama bertahun-tahun solid hingga menghasilkan sejumlah nama pasangan yang disegani dunia, disebutkan tengah didera konflik internal.

Awalnya Herry IP lebih dulu menjawab pertanyaan media menyoal rumor konflik dengan Kevin Sanjaya. Herry tak membantah ada masalah internal yang terjadi di antara mereka.

Awalnya, isu ini muncul pelatih Herry Iman Pierngadi itu tak mendampingi Kevin Sanjaya dan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, di Kejuaraan Dunia 2022.

Kabarnya Kevin Sanjaya tidak terima dengan kritik yang dilayangkan Herry IP setelah kekalahannya dan Marcus pada babak kedua.

Saat itu Marcus/Kevin hanya ditemani pelatih ganda putra PBSI lainnya, Aryono Miranat, serta Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya ditumbangkan pasangan anyar tapi stok lama Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, dengan skor 14-21, 12-21.

“Bukan saya, Kevin yang tak mau berlatih dengan saya. Lebih baik tanya Kevin saja,” kata Herry IP dikutip dari Antara, Senin (26/9).

Atlet 27 tahun itu menganggap Herry IP melayangkan komentar tak sedap di media. Ia tak terima dengan perlakuan Herry IP yang dinilai kurang pantas sebagai pelatih kepala.

Belakangan Kevin berlatih terpisah dengan ganda putra lainnya asuhan Herry IP. Pelatih berjuluk Naga Api itu pun menjawab pertanyaan media soal alasan Kevin tak lagi dilatih olehnya.

Dikutip Antara, Senin (26/9), Herry IP menegaskan Kevin sudah tak mau dilatih olehnya. Oleh karena itu Kevin dan pasangannya Marcus untuk sementara dipimpin asisten pelatih Aryono Miranat.

“Bukan saya [yang tak mau melatih], Kevin yang tak mau berlatih dengan saya. Lebih baik tanya Kevin Sanjaya saja,” kata Herry IP.

“Katanya [Aryono Miranat], Kevin sudah tidak cocok berlatih dengan saya. Kalau sudah tidak merasa cocok, ya sudah tidak usah latihan dengan saya,” ucap Herry IP.

Kevin secara blak-blakan mengungkapkan alasannya tak mau dilatih Herry IP. Kevin mengaku tak setuju sikap Herry IP yang tak membahas masalah internal secara langsung dan malah membocorkan problem internal ke media.

“Ya, sebagai orang internal seharusnya ngomong ke kita langsung. Dia tidak memecahkan masalah sama sekali tetapi malah ngomong ke media. Sebagai orang internal dan pelatih atau disebut orang tua, kayaknya tidak sewajarnya seperti itu. Tidak pantas,” ungkap Kevin Sanjaya.

Saat ini Kevin mengaku sedang menunggu keputusan PBSI. Ia bersedia menerima segala konsekuensi atas permasalahan dengan Herry IP.

Adapun, PBSI telah mengeluarkan pernyataan resmi mereka mengenai kabar yang menyangkut Kevin Sanjaya dan Herry IP.

Berikut pernyataan lengkapnya:

PP PBSI tidak mau berpolemik dengan hadirnya gosip menyangkut retaknya hubungan pelatih Herry Iman Pierngadi dan atlet Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sampai saat ini, status Herry Iman Pierngadi masih sebagai Pelatih Kepala Ganda Putra Utama. Dan Kevin tetap ada di naungannya. 

Hal ini disampaikan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta saat dihubungi Tim Humas dan Media PP PBSI.

Kevin Sanjaya

Ramai komentar Netizen Untuk Kevin Sanjaya

Konflik yang terjadi antara Kevin dan Herry IP menjadi sorotan di kalangan pencinta badminton Indonesia. Netizen di media sosial pun terbelah tiga setelah mengetahui akar persoalan konflik Kevin dan Herry IP.

Sebagian netizen mendukung Herry IP dan sebagian lainnya memihak kepada Kevin. Sementara sisanya berharap kedua pihak yang bertikai bisa menyelesaikan masalah tanpa harus keluar dari PBSI.

“Kevin kamu besar karena pelatih, jangan pernah lupakan itu. Kamu merasa besar sekarang coba saja keluar dari pelatnas. Mau lihat sampai di mana kamu bisa melangkah,” tulis salah satu netizen.

“Ngerti sih bagaimana perasaannya Kevin. Setiap orang punya sakit hati yang dipendam nggak sih? Ya, meskipun yang bikin sakit hati sudah lupa atau bahkan tidak merasa tapi kita yang merasakannya sampai kapanpun masih membekas,” timpal netizen lainnya.

Sementara itu, sebagian netizen juga memilih tak memihak salah satu pihak yang bertikai. Mereka berharap PBSI bisa menemukan solusi dan mempertahankan keduanya di pelatnas Cipayung.

“Saya tidak mau komentar apa-apa tapi sedih bacanya. Enggak mau komentar pakai mungkin-mungkin juga karena tidak tahu rasanya jadi Koh Kevin atau Koh Herry. Harapan saya ada jalan tengah untuk mereka berdua. Berharap hubungan mereka bisa membaik karena sama-sama orang dewasa,” tulis netizen lainnya.

Baca juga: Fakta-fakta Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Berasal dari Barang Sitaan-Tidak Ada Unsur Teror

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top