Sports

Lama Menanti, Ezra Walian Akhirnya Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Lama Menanti, Ezra Walian Akhirnya Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian dapat dipastikan bisa kembali bergabung dengan Timnas Indonesia. PSSI melalui Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi telah mengonfirmasi hal tersebut pada Senin (14/6/2021).

Ezra diperbolehkan membela Timnas Indonesia setelah FIFA mengirim surat kepada PSSI melalui Komite Status Pemain. Pihak PSSI melalui Yunus Nusi, mengucap syukur karena proses administrasi Ezra akhirnya bisa rampung.

Ezra memang sudah dinaturalisasi pada 2017 lalu. Namun ia dilarang FIFA untuk bermain bersama Timnas Indonesia pada pertandingan internasional karena namanya masih tercatat di KNVB.

“Hari ini merupakan hari baik! FIFA telah memberi lampu hijau. Asosiasi saya telah berubah dan akhirnya diperbolehkan tampil untuk negara saya kembali,” tulis Ezra di Instagram-nya, Senin (14/6/2021).

Ezra Walian bisa jadi opsi tambahan untuk lini depan skuad Garuda. Tentu sangat menarik untuk menanti kiprah Ezra bersama Tim Merah Putih asuhan Shin Tae Yong.

Awal Masalah Ezra Dilarang Membela Timnas Indonesia

Ezra lahir dari orang tua beda kewarganegaraan, yaitu ayah Glenn Walian merupakan WNI dan ibu Linda Bosch memiliki kewarganegaraan Belanda. Lahir pada 22 Oktober 1997 di Amsterdam, Belanda, ia menghabiskan maskecilnya di Negeri Kincir Angin itu. Di sana lah Ezra mulau mengenal sepak bola dan bergabung dengan akademi Haarlem, AZ Alkmaar hingga Ajax.

Penampilan memukaunya membuat Timnas Belanda kelompok umur memanggilnya untuk membela Timnas Belanda U-15, U-16 dan U-17. Tidak disangka, itulah yang pada kemudian hari jadi maslah bagi Ezra saat memutuskan menjadi warga negara Indonesia. Pengalamannya pernah bergabung dengan Timnas Belanda, walaupun kelompok umur menjadi sumber masalah status Ezra.

Ezra Walian Sempat Dilarang Memperkuat Skuad Garuda

Pada 2017, Ezra bersumpah menjadi WNI, walau di mata hukum Indonesia ia sudah sah jadi warga negara Indonesia, tetapi tidak dalam aturan sepak bola. Ternyata nama Ezra masih tercatat di Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) sebagai pemain Belanda. Saat itu, KNVB tidak mempermasalahkannya karena Ezra hanya bermain di SEA Games 2017, yang merupakan turnamen di luar agenda FIFA.

Namun, situasi tidak lagi sama saat Ezra akan bergabung bersama Timnas Indonesia U-22 pada pertandingan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. AFC melarangnya bermain karena mendapat memorandum dari KNVB terkait status kewarganegaraannya.

Memorandum tersebut akhirnya memaksa Ezra untuk mundur dari Timnas Indonesia. Bahkan saat membela PSM Makassar pada 2019 lalu, Ezra Walian juga dilarang bermain akibat polemik statusnya itu. KNVB bukannya melarang pergantian status warga negara Ezra. Tetapi, PSSI diminta untuk mengurusnya langsung ke FIFA melalui Komite Status Pemain.

11 Juni 2021 kemarin, PSSI kembali bertanya kepada FIFA terkait status Ezra. Saat itu PSSI mengirimkan akte kelahiran orang tua Ezra kepada pihak terkait untuk membantu proses penggantian status Ezra di FIFA.

Selain itu, PSSI juga mengirimkan surat yang ditujukan kepada FIFA dan dibalas oleh Erika Momtemor Ferreira, Head of Players Status FIFA. Akhirnya, tepat pada Senin 14 Juni 2021 FIFA memberikan lampu hijau bagi Ezra Walian untuk membela Tim Merah Putih.

To Top