Sports

Liga Inggris: Sheffield United Vs Liverpool 0-2

Liga Inggris: Sheffield United Vs Liverpool 0-2

Pertandingan Sheffield United Vs Liverpool berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim tamu. Laga tersebut merupakan pertandingan minggu ke-26 Liga Inggris yang diselenggarakan di Stadion Bramall Lane, pada Senin (1/3/2021) dini hari WIB.

Gol keunggulan Liverpool dicetak Curtis Jones pada menit ke-48 dan Roberto Firmino. Melansir dari laman Opta, gol yang diciptakan oleh Roberto Firmino menjadi gol ke-7.000 bagi Liverpool di kasta tertinggi Liga Inggris. Statistik tersebut membuat Liverpool menjadi tim ke-2 dalam sejarah kasta tertinggi Liga Inggris yang mencetak 7.000 gol setelah Everton yang merupakan rival satu kota. Hingga kini, Everton telah mencatat 7.208 gol di kasta tertinggi Liga Inggris.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp mensyukuri kemenangan yang diperoleh timnya atas Sheffield United. Kemenangan pada pertandingan tersebut membuat Liverpool mengakhiri catatan buruknya setelah kalah beruntun dalam empat pertandingan terakhir di Liga Inggris.

“Kamu tahu, Sheffield United memang kerap kalah tapi dengan selisih skor yang kecil. Jelas laga ini berjalan menarik hingga akhir,” kata Juergen Klopp setelah pertandingan berakhir, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Skysports.

Ia menilai seharusnya timnya dapat mencetak gol sejak babak pertama pertandingan, jika melihat peluang-peluang yang diperoleh.

“Pada babak pertama, kami sebetulnya dapat mencetak tiga gol dan saya rasa Robbo seharusnya menciptakan hattrick,” ujar Juergen Klopp.

“Ini memperlihatkan betapa kami kerap menciptakan peluang dan cara menyelesaikan peluang cukup baik, walaupun tentu kami butuh peningkatan,” tambahnya.

Sementara itu, manajer Sheffueld United Chris Wilder mengakui kualitas Liverpool jauh lebih unggul dari timnya.

“Untuk mengalahkan Liverpoll, tim anda perlu berada di dalam kondisi terbaik,” kata Wilder.

“Terlepas dari hasil buruk yang mereka peroleh dalam 2 atau 3 pertandingan terakhir, Liverpool tetap salah satu tim terbaik,” tutupnya.

Lihat Juga: 5 Liga Eropa yang Paling Jorjoran dalam Pembelian Pemain

Hasil laga Sheffield United Vs Liverpool tersebut membuat Liverpool kembali ke jalur kemenangan usai pekan lalu takluk 0-2 pada pertandingan Derbi Merseyside Vs Everton. Walau demikian, kemenangan kali ini tidak menggeser ranking Liverpool di posisi Liga Inggris.

Sang juara bertahan Liga Inggris itu tetap berada di peringkat ke-6 dengan perolehan 43 poin dari 26 laga. Sementara ini, Liverpool selisih 19 poin dari Manchester City yang menempati puncak klasemen.

Kedudukan Sheffield United pun juga tidak berubah. Tim asuhan Chris Wilder tersebut tetap berada di urutan ke-20 atau dasar klasemen dengan perolehan 11 poin.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama Sheffield United Vs Liverpool

Liverpool yang merupakan tim tamu tampil mendominasi dengan penguasaan bola hingga 62 persen pada babak pertama. Namun, mereka dibuat frustasi dengan penampilan gemilang kiper Sheffield United, Aaron Ramsdale.

Selama pertandingan babak pertama, kiper asal Inggris tersebut melakukan penyelamatan penting sebanyak lima kali. Dilansir dari laman Opta, jumlah penyelamatan tersebut adalah yang terbanyak pada babak pertama laga Premier League sepanjang karier Ramsdale.

Di lain sisi, Sheffield United hanya mengandalkan direct ball dan serangan balik yang tercacat hanya menciptakan dua tembakan tepat sasaran.

Lihat Juga: Profil Diogo Jota, Pemain Terbaik Liga Champions UEFA 2020 Setelah Hattrick Untuk Liverpool

Sheffield United sebetulnya hampir unggul seandainya gol bunuh diri Ozan Kabak pada menit 36 tidak dianulir oleh wasit pertandingan Jon Moss. Gol bunuh diri tersebut dianulir sebab dalam prosesnya Oliver McBurnie, striker Sheffield United lebih dulu terperangkan offside.

Pertandingan Babak Kedua, Liverpool Berhasil Unggul

Lanjut pada babak kedua, Liverpool berhasil menciptakan gol cepat pada menit ke-48 melalui tendangan Curtis Jones. Gol tersebut berawal dari Trent Alexander-Arnold yang memberikan umpan dilang di sisi kanan.

Sebenarnya, Phil Jagielka, bek Sheffield United berhasil menghalau umpan itu. Namun karena sapuannya yang tidak sempurna, bola justru mengarah ke Curtis Jones yang saat itu berdiri bebas di dalam kotak penalti Sheffield United.

Dengan mudah Curtis Jones memasukkan bola ke gawang dengan tembakan kaki kanan. Setelah tertinggal, tim tuan rumah berusaha keluar untuk menekan Liverpool. Namun, pada menit ke-65 Sheffield United malah kebobolan setelah Roberto Firmino berhasil mencetak gol kedua bagi Liverpool.

Gol tersebut bermula dari inisiatif Roberto Firmino yang melakukan tak-tik umpan satu-dua dengan Sadio Mane dan Curtis Jones di depan kota penalti tim lawan. Saat sudah di dalam kotak penalti, Firmino melakukan aksi individu melawan dua pemain dan diakhiri dengan tendangan kaki kanan.

Tendangan Firmino itu sebetulnya sempat membentur kaki Kean Bryan yang merupakan bek Sheffield United. Namun, bola tetap masuk ke gawang karena Ramsdale terlanjur terjatuh saat bola melewati atas kepalanya.

Setelah berhasil unggul dua gol, Liverpool tetap mendominasi jalannya laga. Namun, Liverpool menurunkan tensi pertandingan untuk mempertahankan keunggulan. Sedangkan Sheffield United masih kesulitan membobol pertahanan Liverpool karena final pass mereka yang buruk. Hingga pertandingan Sheffield United Vs Liverpool berakhir, skor tidak berubah.

To Top