Sports

Lolos Semifinal, Bosnia vs Italia

Bosnia vs Italia

Italia dipastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020/2021 setelah berhasil mengalahkan tuan rumah 2-0. Pertandingan tersebut diselenggarakan di Grbavica Stadium, Sarajevo pada Kamis 19 November 2020 pada dini hari WIB. Pada pertandingan Bosnia vs Italia: 2-0 tersebut tuan rumah sempat mendapat peluang pada awal babak pertama.

Dua gol yang diperoleh oleh Italia masing-masing diciptakan pada babak pertama oleh Andrea Belloti dan Domenico Berardi pada babak kedua. Dengan hasil kemenangan tersebut, Italia pun sukses mengakhiri babak fase grup dan keluar sebagai juara Liga A Grup 1 dengan perolehan 12 poin. Sedangkan Bosnia-Herzegovina harus rela berada di dasar klasemen dengan 2 poin saja, dan harus terdegradasi ke Liga B.

Gol Pertama Bosnia vs Italia: 2-0

Gol Pertama Bosnia vs Italia: 2-0

Pertandingan Bosnia vs Italia: 2-0 ini sebenarnya sudah berlangsung seru sejak menit pertama. Sayangnya, peluang yang didapatkan oleh kedua tim belum bisa menciptakan gol. Sang tuan rumah lebih dulu mendapat peluang pada menit ke-5 lewat serangan balik. Namun tembakan dari luar kotak penalty oleh Rade Krunic berhasil diblok oleh Alessandro Florenzi.

Satu menit berselang, Italia balas menyerang, Andrea Belotti nyaris membobol gawang Bosnia, tapi sepakannya melenceng dan hanya mengenai sisi kanan gawang. Di menit ke-16, Belotti mendapat crossing dari Florenzi, sayang sundulannya masih melebar.

Gol! Pada menit ke-22 Belotti berhasil membawa Italia unggul. Gol tersebut berawal dari counter attack yang dilakukan Lorenzo Insigne. Penyerang Napoli tersebut mengirim umpan silang kepada Belotti yang berada di kota penalti setelah menggiring bola dari tengah lapangan. Gawang Bosnia yang dijaga oleh kiper Kenan Piric pun akhirnya kebobolan setelah striker Torino itu berhasil melakukan satu sontekan.

Serangan Balik Bosnia

Serangan Balik Bosnia

Unggul satu gol, Italia tidak mau mengendurkan serangannya begitu saja. Pada menit ke-25 Domenico Berardi hampir saja menggandakan keunggulan. Hanya saja, tendangannya berhasil dihalau oleh Piric. Semenit setelahnya, Insigne juga mengincar gawang Bosnia, tapi sepakannya melambung di atas gawang.

Menit ke-36 Belotti nyaris mencetak gol kedua dengan percobaan jarak jauh, namun bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Bosnia. Tidak ingin tertinggal, Bosnia berusaha keluar dari tekanan Italia. Di menit ke-37, Smail Prevljak hampir menyamakan kedudukan. Namun kiper Italia, Gianluigi Donnarumma berhasil menghalaunya. Menit ke-39 Insigne kembali mendapat peluang, kali ini tembakannya membentur tiang gawang. Skor 1-0 tersebut pun bertahan hingga jeda.

Gol Kedua Bosnia vs Italia: 2-0

Gol Kedua Bosnia vs Italia: 2-0

Pada babak kedua ini Bosnia mencoba untuk menekan Italia sejak awal. Di menit ke-47 Benjamin Tatar memberi ancaman , namun tendangannya masih melebar. Tiga menit berselang, Belotti kembali memulai penyerangan, tapi finishing-nya masih belum tepat sasaran juga.

Tidak mau ketinggalan, pada menit ke-52 sepakan melebar dari Sinisa Sanicanin gagal mengubah papan skor. 2 menit kemudian, Emerson gantian melepas tembakan, tapi lagi-lagi hasilnya masih jauh dari harapan.

Pada menit ke-60 Francesco Acerbi nyaris menjebol gawang Bosnia setelah melepaskan crossing tepat di depan gawang. Manuel Locatelli juga mencoba mengejar bola ke gawang yang kosong, namun karena kalah cepat bola pun gagal diselesaikan menjadi gol.

Italia akhirnya mengubah papan skor setelah menambah gol pada menit ke-67. Umpan terobosan dari Locatelli ke kotak penalti berhasil dimanfaatkan oleh Berardi menjadi gol dengan tendangan voli. Unggul dua gol, Italia terus menguasai laga hingga pertandingan berakhir. Hasil pertandingan Bosnia vs Italia: 2-0 pun pengantarkannya menyusul Belgia, Prancis, dan Spanyol yang lebih dul lolos semifinal UEFA Nations League.

To Top