Sports

Malaysia Takut Kemenangan Atas Timnas Indonesia Dihapus FIFA

Malaysia Takut Kemenangan Atas Timnas Indonesia Dihapus FIFA

FAM (Asosiasi Sepak Bola Malaysia) resmi mengirimkan surat ke FIFA terkait isu kemenangan atas Timnas Indonesia di ajak Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dihapus. Seperti diketahui, kemenangan Malaysia terancam dihapus setelah mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022.

AFC sendiri sudah mengesahkan mundurnya Korut pada Minggu (16/5/2021) lalu dan secepanya akan menyerahkan perkara tersebut ke FIFA. Dalam peraturan AFC, apabila terdapat salah satu tim yang mengundurkan diri, maka hasil laga melawan tim peringkat terbawah di seluruh grup tak akan dihitung.

Lihat Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Hari Ini, Ibrahimovic Siap Kembali Debut

Peraturan tersebut dianggap merugikan Malaysia, apalagi mereka memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia karena berada di urutan ke-2 klasemen Grup G, setelah Vietnam. Dilansir dari situs resmi FAM, mereka telah mengirim surat ke FIFA supaya membuat kebijakan yang adil kepada seluruh negara yang mengikuti pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia.

“Sebab mundurnya Korea Utara membawa beragam kemungkinan. Termasuk pengumpulan skor di lokasi terakhir tim masing-masing grup tak akan dihitung,” tutur Stuart Ramalingam, Sekretaris Jenderal FAM.

“Hal tersebut menyulitkan perencanaan serta peluang bagi sebagian besar tim sebab Putaran 2 telah memasuki akhir,” tambahnya.

Dapat Berpengaruh Pada Mental Pemain Malaysia

Tan Cheng Hoe, pelatih kepala Malaysia, ikut menanggapi masalah tersebut. Ia menuturkan jika perkara pengurangan poin dua kali kemenangan atas Timnas Indonesia dapat berpengaruh pada mental pemain Malaysia.

“Saat ini kami hanya bakal konsentrasi pada laga kami dan menunggu keputusan soal mundurnya Korea Utara,” ujar Tan Cheng Ho, seperti dilansir dari New Straits Times.

“Itu kemungkinan mempengaruhi kepercayaan diri para pemain. Namun kami butuh melupakan skenario yang mungkin dan hanya konsentrasi pada laga kami,” tuturnya menambahkan.

Seperti diketahui, sebelumnya Malaysia sukses dua kali menumbangkan Indonesia dengan skor 3-2 dan 2-0. Indonesia sendiri, saat ini menempati dasar klasemen Grup G dengan lima kali kekalahan beruntun. Seandainya aturan tersebut diterapkan, maka Malaysia akan kesulitan meneruskan langkahnya ke babak selanjutnya. Kini mereka diwajibkan memenangkan 3 pertandingan sisa agar tidak terpengaruh aturan tersebut.

To Top