Sports

Mengenal EAFF, Federasi Sepak Bola yang Dilirik PSSI Jika Keluar AFF

Pengertian EAFF

Indonesia ramai disebut berencana pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) karena kecewa dengan lambatnya respons Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Wacana kepindahan Indonesia ini mendadak muncul setelah adanya desakan dari netizen yang menanggapi gerak lambat AFF terkait protes PSSI soal dugaan main mata yang dilakukan Vietnam dan Thailand pada Piala AFF U-19 2022.

Kedua tim dituding bermain tanpa menunjukkan sportivitas dan tidak berniat menang usai meraih skor imbang 1-1 dalam pertandingan terakhir fase Grup A Piala AFF U-19 2022.

Hasil seri itu pun membuat Vietnam dan Thailand melaju ke semifinal Piala AFF U-19 meskipun mengemas 11 poin, sama dengan Timnas Indonesia.

PSSI telah mengirimkan surat permohonan kepada AFF untuk menindaklanjuti dugaan ‘main mata’ di pertandingan tersebut. Namun surat dari PSSI itu tidak segera direspons AFF.

Netizen Indonesia yang berang pun mendesk PSSI untuk bergabung dengan EAFF dan meninggalkan AFF.

Lalu, Apa Itu EAFF?

EAFF adalah Federasi Sepak Bola Asia Timur yang memiliki 10 negara anggota yaitu: Korea Selatan, Jepang, China, Hong Kong, Taiwan, Korea Utara, Guam, Macau, Kepulauan Mariana Utara dan Mongolia.

Organisasi ini baru diresmikan pada 28 Mei 2022, lebih muda dari AFF yang sudah berdiri pada tahun 1984.

Mereka juga mempunyai turnamen rutin bernama EAFF E-1 Football Championship yang sebelumnya dikenal dengan nama Dynasty Cup.

Lihat Juga: Ini Aturan Piala AFF U-19 2022 yang Buat Timnas Indonesia Tersingkir

Sejauh ini, Korea Selatan telah mengemas lima piala EAFF E-1 yang menjadikannya sebagai pemenang terbanyak. Disusul China dengan dua gelar juara, sementara Jepang baru sekali menang.

Meski begitu, Jepang dan Korea Selatan adalah dua tim terkuat di Asia yang langganan tampil di putaran Piala Dunia. Saat ini, Jepang menempati posisi ke-24 FIFA, sedangkan Korea Selatan di ranking 28.

PSSI Buka Komunikasi dengan Federasi

PSSI sendiri telah berkomunikasi dengan EAFF. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan terkait kepindahan yang digaungkan netizen adalah bentuk dukungan terhadap Timnas Indonesia.

“Ya nanti akan didiskusikan matang ya. Terima kasih karena itu bukti kecintaan terhadap Timnas kita. Tapi memang harus didiskusikan secara matang karena tidak bisa langsung. Kita harus tahu juga untung ruginya.”

“Ya sudah kami sampaikan lewat sekjennya. Dia senang aja kalau masuk ya. Meski FIFA tidak menganggap laga AFF resmi tapi kita juga sering bertanding kan,” sambungnya saat rapat koordinasi Liga 1, Selasa (19/7/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top