Sports

Miguel Oliveira Juara MotoGP, Catat Sejarah di Sirkuit Mandalika

Miguel Oliveira Juara MotoGP, Catat Sejarah di Sirkuit Mandalika

Pembalap MotoGP dari Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira sukses menjuarai MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Kemenangan ini pun menjadi sinyal kebangkitan Oliveira.

Pembalap kelahiran Almada, Portugal itu mengawali karirnya di turnamen balap junior MiniGP 2005. Perlahan namun pasti, pada 2011 ia lolos ke kelas 125cc bersama tim Andalucia-Cajasol dengan menunggangi Aprilia.

Di sana ia hanya bertahan setahun sebab pada 2012 bergabung dengan Estrella Galicia dan memenangkan dua seri balap pada musim perdana Moto3. Tetapi pada akhir musim, dirinya tersingkir karena timnya memilih Alex Marquez untuk menemani Alex Rins saat itu.

Miguel Oliveira kemudian bergabung ke Mahindra Racing pada musim 2013-2014. Dia sempat mempersembahkan sekali podium di Sepang saat musim perdananya. Lalu di periode kedua, ia juga mencetak satu podium bersama tim dari India itu.

Usai dua musim dengan Mahindra, Oliveira mulai berpetualang bersama Red Bull KTM Ajo. Dia jadi pembalap Portugal pertama yang menjuarai Grand Prix Mugello.

Lihat Juga: Marc Marquez Kecelakaan Fatal, Putuskan Absen dari MotoGP Mandalika dan Kembali ke Spanyol

Namanya perlahan mulai melesat. Ini membuat Leopard Racing membawanya naik kelas pada tahun 2016 ke Moto2. Cedera juga sempat mempengaruhi performanya.

Hal itu pun membuatnya memilih untuk kembali ke Red Bull KTM Ajo pada 2017. Bersama Brad Binder dia menjelma jadi duet yang diperhitungkan. Oliveira pun mendapatkan gelar juara Moto2 pertamanya di Sepang, Malaysia. Dia bahkan finis di urutan tiga besar klasemen akhir musim 2017.

Musim berikutnya, KTM masih mempertahankan Oliveira. Terbukti, di musim 2018 dirinya memberikan tiga kemenangan. Ini membuatnya finis di posisi kedua klasemen akhir pembalap dan juga mendapatkan promosi ke MotoGP.

Pabrikan KTM masih mempercayai Miguel Oliveira. Kali ini ia memperkuat KTM Tech3 dan mencatatkan 33 poin di posisi 17 klasemen akhir pembalap musim 2019.

Miguel Oliveira Pembalap Portugal Pertama Juara Grand Prix MotoGP

Di musim 2020, dia meraih kemenangan perdana untuk KTM Tech3 sekaligus untuk dirinya sendiri di MotoGP. Ia pun jadi pembalap Portugal pertama yang juara Grand Prix MotoGP. Dia kembali menang di kampung halaman saat Grand Prix Portimao, Portugal, yang merupakan balapan penutup di masa pandemi COVID-19.

Lihat Juga: Red Flag! Motor Alex Rins Terbakar Saat Latihan Bebas Ke-4 di Sirkuit Mandalika

Musim 2021 Red Bull KTM Factory Racing akhirnya memilih Oliveira sebagai bagian dari tim. Pada awal musim, ia sempat kesulitan menyesuaikan diri, namun kemenangan berhasil diraihnya pada Grand Prix Catalunya.

Oliveira sempat menjadi perhatian saat dirinya mengaku sempat digoda tim Monster Energy Yamaha musim 2022. Tetapi, ia memilih untuk tetap setia dan melanjutkan kerjasama dengan KTM.

Kesetiaan Miguel Oliveira pun berbuah manis saat dia keluar sebagai pemenang MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Dia jadi yang terdepan selama 20 lap dengan catatan 33 menit 27,223 detik.

Namanya pun tercatat dalam sejarah sebagai pembalap pertama yang menjuarai balapan MotoGP Mandalika. Setelah kurang beruntung di seri pembuka musim 2022 Grand Prix Qatar, kemenangan ini membuatnya memperoleh 25 poin dan membuatnya menempati posisi ke-4 klasemen sementara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top