Sports

MotoGP Catalunya: Fabio Quartararo Dihukum Atas Insiden Baju Balap

MotoGP Catalunya: Fabio Quartararo Dihukum Atas Insiden Baju Balap

Gelaran MotoGP Catalunya dimenangkan oleh Miguel Olivera, namun gelarang pada Minggu (6/6/2021) itu sepertinya diwarnai drama. Salah satunya yaitu insiden terbukanya ritsleting baju balap atau wearpack dari Fabio Quartararo.

Peristiwa tersebut terjadi ketika balapan hanya tersisia lima putaran lagi. Menurut aturan FIM, baju balap harus dipakai sepenuhnya selama lomba berlangsung tanpa adanya pengecualian, demi keselamatan rider sendiri. Tetapi menurut Quartararo, ritsleting baju balapnya itu tidak sengaja terbuka. Ia sudah berusaha memasangnya lagi, tapi tidak berhasil.

Lihat Juga: Dorna Umumkan Rider Jason Dupasquier Meninggal Dunia

“Aku tidak tahu apa yang terjadi. Saya hanya menyadari kalau bajuku telah terbuka di tikungan pertama ketika balapan tersisa 5 putaran,” kara Quartararo kepada Autosport.

“Aku berusaha menariknya kembali ke atas, namun tidak bisa. Sangat sulit membalap dengan keadaan seperti itu, tapi sayang itulah yang terjadi,” sambungnya.

“Itu yang terjadi hari ini, jadi saat ini Alpinestars (produsen baju balap yang digunakan Quartararo) tengah mengecek kenapa itu dapat terjadi. Karena saat sudah usai, ritsletingnya dapat ditutup kembali,” terang pebalap Yamaha tersebut.

Atas insiden yang dialaminya itu, Fabio Quartararo akhirnya mendapat hukuman. Ia dikenai penalti 3 detik, yang membuat posisi finishnya turun dari posisi ke-4 menjadi ke-6. Sebelumnya, ia juga sudah dikenai penalti 3 detik akibat melanggar batas trek, yang membuatnya gagal naik podium kali ini. Artinya, ia mendapat total hukuman 6 detik di MotoGP Catalunya 2021.

Curhatan Fabio Quartararo

Quartararo yang masih bertahan di puncak klasemen sementara MotoGP merasa sangat dirugikan karena peristiwa ini. Ia pun mencurahkan isi hatinya melalui unggahan di Instagram Story miliknya pada Minggu (6/6/2021) malam.

“Selamat kepada seluruh orang yang telah mengajukan komplain untuk (saya mendapatkan) hukuman lain. Saya betul-betul tak membahayakan pembalap lain lauaknya yang mereka ucapkan dan peristiwa ini membuat saya berkendara dengan keadaan yang sangat sulit,” tulisnya.

Fabio Quartararo bahkan juga menyindir orang-orang yang mengajukan penalti atas insiden yang dialaminya itu.

“Tetapi bisa melihat wajah asli orang (yang mengajukan komplain) merupakan hal yang hebat. Sekali lagi, saya ingin berterima kasih kepada semua yang tetap mendukung saya serta membantu saya meskipun dalam keadaan sulit seperti ini,” tulis pebalap dari Perancis ini.

“Sampai jumpa di lain waktu,” pungkasnya mengakhiri tulisannya di Instagram @fabioquartararo2.

To Top