Sports

Mundur Dari Final Olimpiade Tokyo 2020, Simone Biles Utamakan Kesehatan Mental

Simone Biles Mengundurkan Diri Dari Final Olimpiade Tokyo 2020

Pesenam Simone Biles mengundurkan diri dari babak final beregu putri pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (27/7/2021). Atlet 24 tahun ini mundur dengan alasan Kesehatan mental. Usai babak final yang dimenangkan oleh tim Russia Olympic Committee, Biles menjelaskan keputusannya itu. Sambal terisak, ia mengatakan ingin lebih focus untuk melindungi fisik serta mentalnya.

“Tiap kali berada di situasi dengan tingkat stress tinggi, kamu menjadi ketakutan. Saya harus berfokus pada kesehatan mental tanpa mengancam kesehatan serta kesejahteraan saya. Rasanya menyebalkan harus melawan pikiran sendiri,” ujar pesenam artistik dari Amerika Serikat ini, seperti dilansir dari CNN.

Simone Biles juga menuturkan para atlet yang berkompetisi di Olimpiade bukan saja seorang atlet, namun pada akhirnya mereka tetaplah manusia biasa. Usai Biles mengundurkan diri, tim senam AS pun berencana untuk ‘mengistirahatkan mental’ pada Rabu (28/7/2021).

Walaupun tampil tanpa Biles, tim senam artistik Amerika Serikat tetap bisa menampilkan performa terbaiknya. Mereka berhasil menyabet medali perak dengan perolehan 166.096, sedangkan medali perunggu didapatkan Britania Raya.

Lihat Juga: Raih Medali Olimpiade, Eko Yuli Irawan Bikin Bangga

Penampilan Simone Biles di Olimpiade 2020 ini memang tak semaksimal penampilannya di kompetisi-kompetisi sebelumnya. Seperti dikutip Antara News, wanita yang lahir di Ohio ini mendarat tidak sempurna Ketika menyudahi nomor senam lantainya pada laga penyisihan senam beregu putri, Minggu (25/7/2021).

Biles memang menyelesaikan meja lompat pada posisi tertinggi dibanding seluruh pesenam. Tetapi ia tidak stabil saat menuntaskan balok keseimbangan. Berikutnya, Biles hanya mampu finish di posisi ke-10, ketika memainkan palang bertingkat.

Kegalalan pada babak penyisihan itulah yang akhirnya membuatnya mundur, saat timnya baru memulai laga beregu putri melawan Rusia di partai final.

“Kamu harus siap 100%. Jika tidak, kamu dapat celaka. Hari ini benar-benar menegangkan. Saya gemetar. Tak bisa tidur siang. Saya tak pernah merasa seperti ini ketika akan berlomba dan saya telah berusaha tenang serta bersenang-senang. Namun begitu tampil kembali, saya merasa seperti, ‘Tidak. Mentalku tak siap,’” kata atlet yang mendapat julukan Ratu Senam ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top