Sports

Netizen Teriak Haruna Out, Pasca Haruna Soemitro Kritik Shin Tae Yong

Netizen Teriak Haruna Out, Pasca Haruna Soemitro Kritik Shin Tae Yong

Penyataan anggota Exco PSSI Haruna Soemitro menyulut emosi netizen. Alhasil, tagar #HarunaOut pun membanjiri lini masa hingga menjadi trending topic.

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube JPNN, Haruna Soemitro mengeluarkan beberapa pernyataan kontroversial. Salah satunya adalah Exco PSSI menulai pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong tersinggung lantaran disamakan dengan pelatih gagal.

Haruna juga mengatakan dirinya tak mempercayai proses Timnas Indonesia, Shin Tae Yong cenderung menerapkan permainan direct ball walaupun nyatanya berbeda, hingga isu match fixing.

Lihat Juga: Diam-diam, Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dan Jordi Amat Sedang Diurus PSSI

Mengetahui pernyataan Haruna Soemitro, netizen pun langsung meneriakkan tagar #HarunaOut. Hingga Senin (17/1/2022) tagar tersebut masih menempati trending topic Twitter di Indonesia.

PSSI Komentari Kegaduhan Soal Haruna Soemitro

PSSI pun buka suara soal tagar #HarunaOut yang tengah viral. Federasi sepak bola Indonesia ini menyebut bahwa komentar Haruna itu adalah pendapat pribadi.

Komentar Haruna Soemitro itu merujuk pada prestasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dimana Skuad Garuda yang diisi oleh para pemain muda menjadi runner up.

Evaluasi dengan Shin Tae Yong pun telah dilakukan PSSI. Rapat internal tersebut turut dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Yunus Nusi dan sejumlah pejabat PSSI lainnya.

“Tidak penting itu sebuah proses. Yang paling penting yaitu hasil. Apapun latihannya jika tak juara, ya belum dikatakan juara. Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF. Jika sekarang tetap runner up, ya bukan prestasi,” ujar Haruna soal hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Lihat Juga: PSSI Digoyang Isu Jual-Beli Jabatan Manajer Timnas U-20

PSSI, melalui Yunus Nusi, menanggapi kegaduhan ini. Ia juga menekankan bahwa masa depan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong aman.

“Ketua umum memahami dan memaklumi pendapat dalam diskusi di internal PSSI terkait Timnas Indonesia. Baik itu diskusi soal hasil Piala AFF 2020, naturalisasi, jadwal Timnas. Bahkan apakah penting PSSI akan mengambil posisi sebagai tuan rumah dalam event 2022, baik itu Piala AFF atau kualifikasi Piala Asia Juni 2022,” tutur  Yunus dalam siaran pers.

“Namun, dalam diskusi dan rapat di internal PSSI, semua tetap menghargai keputusan yang bersifat kolektif kolegial. Keputusan kolektif kolegial PSSI tersebut antara lain tetap memberi kepercayaan kepada Shin Tae-yong sampai 2023 sesuai kontrak. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kontrak apabila performa timnas terus meningkat,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top