Sports

Newcastle United Tunjuk Eddie Howe Jadi Pelatih Baru

Newcastle United Tunjuk Eddie Howe Jadi Pelatih Baru

Eddie Howe menjadi pelatih baru bagi Newcastle United setelah Steve Bruce dipecat. Setelah gagal merekrut beberapa nama besar pelatih seperti Roberto Martinez, Rafa Benitez dan Unai Emery, Newcastle akhirnya memilih Howe yang bisa dikatakan jadi penanda awal kekuasaan Arab Saudi selaku pemegang saham terbesar di The Magpies.

Pelatih 43 tahun itu sebenarnya tidak memiliki rekam jejak mentereng terkait Liga Inggris atau Liga Champions. Tetapi ada catatan kesuksesan yang tidak sedikit pada masa lalu Howe. Menyinggung  Eddie Howe, tidak dapat dilepaskan dari klub Bournemouth. Howe merupakan salah satu sosok yang pernah jadi bagian dari akademi klub pemilik julukan The Cherries itu.

Ia juga pernah jadi pemain Bournemouth pada sejak musim 1995/1996-2001/2002. Sempat bergabung dengan Portsmouth dan Swindon Town, pada musim 2004/2005 Howe kembali ke Bournemouth hingga ia pensiun karena cedera yang tidak bisa pulih pada akhir musim 2006/2007.

Selama menjadi pemain ia juga tidak terlalu menonjol, mungkin salah satu yang perlu diingat adalah saat dirinya tampil bersama timnas Inggris U-21. Setelah menjadi pelatih, Howe juga masih bersama Bournemouth. Sejak 2006 ia telah menjadi staf pelatih di Bournemouth dan berakhir pada 2008 saat pemecatan pelatih Kevin Bond.

Lihat Juga: Akan Salip Ronaldo, Mohamed Salah Jadi Pemain Bergaji Tertinggi Di Liga Inggris

Tahun 2009 Eddie Howe kembali menjadi staf pelatih di Bournemouth. Ia kemudian menjadi pelatih sementara setelah pelatih Jimmy Quin dipecat. Walaupun kalah ketika jadi caretaker, Howe dipercaya jadi pelatih utama.

Bournemouth tidak membuat kesalahan. Howe mampu mengantarkan klub itu ke League One atau kompetesi level ketiga di Inggris pada 2010. Sempat jadi pelatih Burnley saat berlaga di divisi Championship, atau divisi kedua Liga Inggris, pada 2012 Howe kembali lagi ke Bournemouth.

Akhir musim 2012/2013 ia sukses mengantarkan Bournemouth masuk ke divisi Championship. Keberhasilannya it uterus berlanjut saat dirinya memastikan Bournemouth tembus ke Premier League musim 2015/2016.

5 musim di Premier League bersama Bournemouth, Eddie Howe mempunyai rapor 190 laga dengan 56 kemenangan 43 kali imbang dan 91 kekalahan. Dari pertandingan itu, anak asuhnya mencatatkan 241 gol dan 330 kali kebobolan.

Walaupun saat masih aktif bermain ia menempati posisi pemain bertahan, namun Howe cenderung memilih untuk menyerang saat melatih. Kini Eddie Howe harus membenahi catatan kebobolannya saat melatih Bournemouth di Liga Inggris untuk membawa Newcastle keluar dari zona degradasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top