Sports

Novak Djokovic Juara Grand Slam French Open 2021 Usai Pecundangi Tsitsipas

Novak Djokovic Juara Grand Slam French Open 2021 Usai Pecundangi Tsitsipas

Pemain tenis asal Serbia, Novak Djokovic, sukses membawa pulang piala Grand Slam French Open 2021. Ia menumbangkan petenis Yunani Stefanos Tsitsipas dengan skor 6-7(6), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4 dalam pertandingan final pada Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Meski awalnya tertinggal 0-2, Djokovic akhirnya berhasil memenangkan pertandingan yang digelar di Lapangan Philippe Chatrier, Rolland Garros itu.

Keberhasilannya menghadang servis Tsitsipas pada gim ke-3 set ke-5 menjadi pembuka jalan bagi Djokovic untuk meraih gelarnya kali ini. Meskipun Tsitsipas menunjukkan perlawanannya, namun Djokovic akhirnya sukses mengamankan gelar keduanya di Prancis Terbuka.

“Saya bermain hampir 9 jam melawan 2 petenis brilian. Sangat menyulitkan bagi fisik saya menghadapi keadaan ini. namun saya yakin pada kemampuan saya,” kata Novak Djokovic, yang telah menyingkirkan juara French Open 13 kali, Rafael Nadal di laga semifinal.

“Saya mengucapkan terima kasih ke pelatih dan fisioterapis, dan semua yang mendukung saya dalam perjalanan ini,” lanjutnya, dikutip BBC.

Ini merupakan gelar Grand Slam ke-19 yang berhasil direbut Djokovic. Ia hanya tertinggal satu angka saja di bawah pengoleksi gelar terbanyak, Roger Federer dan Rafael Nadal. Selain berhasil menjadi juara dalam pertandingan yang berlangsung selama 4 jam 11 menit itu, Novak Djokovic juga mencatatkan rekor.

Lihat Juga: Naomi Osaka Mengundurkan Diri Dari Prancis Terbuka Karena Gangguan Mental

Ia menjadi pemain tenis pertama dalam era profesional yang menjuarai Grand Slam dua kali. Sebelumnya, Federer hanya satu kali berhasil menjuarai Prancis Terbuka, sedangkan Nadal juga mengalami hal serupa di gelaran Australia Terbuka.

Sebelumnya, pada 2007 lalu digelaran AS Terbuka ia mencapai final Grand Slam untuk pertama kalinya, namun dikalahkan Roger Federer. Ia berhasil meraih gelar Grand Slam pertamanya pada 2008 di Australia Terbuka. Selain itu, ia juga menjadi petenis Serbia pertama yang meraih gelar tunggal utama.

Novak Djokovic juga berhasil mengantarkan negaranya meraih Piala Davis untuk pertama kalinya pada Desember 2010 silam. Ia juga membantu Serbia menjuarai Piala ATP pada 2020.

To Top