Sports

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Positif Terpapar Covid Hingga Masuk HCU

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Positif Terpapar Covid Hingga Masuk HCU

PSSI mengumumkan pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong positif terinfeksi virus Corona. Kepastian tersebut diperoleh dari tes PCR yang hasilnya keluar pada, Jumat (19/3/2021). Pihak PSSI telah mengumumkan kabar melalui situs resminya. Tes COVID-19 dilakukan setelah pelatih asal Negeri Ginseng itu mengeluh tidak enak badan. Dari hasil tes menunjukkan, ia positif terpapar virus COVID-19.

“Pada mulanya Shin Tae-yong pada hari Kamis (18/3) mengatakan tak enak badan. Lalu yang bersangkutan di-tes swab PCR. Hasilnya baru diketahui pada Jumat malam (19/3),” ungkap Yunus Nusi, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI dilansir dari laman detikSport.

Dalam laporan media Korea Selatan, Yonhap, pelatih Tae-yong disebut tertular dari para staf pelatihnya. Menurut Yonhap, pada 5 Maret lalu, pelatih kiper Yoo Jae-hoon yang pertama kali terinfeksi. Kemudian disusul pelatih fisik Lee Jae-hong pada 7 Maret.

Kebetulan pada tanggal 5 dan 7 Maret merupakan hari di mana Timnas Indonesia melakukan laga uji coba melawan Tim Tira Persikabo dan Bali United. Namun, menurut PSSI yang positif Covid hanya pelatih Shin Tae-yong saja. Pemain Tim Nasional Indonesia disebutnya tidak ada yang tertular.

“Setelah usai pemusatan latihan Senin (8/3/2021) Timnas Indonesia para pemain, pelatih, serta official diharuskan tes PCR. Hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif. Para pemain, pelatih serta official balik ke rumah masing-masing. Termasuk Shin Tae-yong balik ke apartemen,” terang PSSI dalam pernyataannya.

“Jadi saat pemain dikembalikan ke klub masing-masing pada Senin (8/3/2021), tak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum kembali mereka udah di swab antigen,” terang Yunus.

Lihat Juga: Kronologi Timnas Indonesia U-23 Batal Uji Coba Dengan Tira Persikabo

Hingga akhirnya pada Kamis (18/3/2021), Shin Tae-yong mengeluh tak enak badan kepada dokter timnas. Dokter lalu melakukan swab PCR dan hasilnya keluar pada Jumat malam dengan hasil positif.

“Yang terpenting segera mendapatkan perawatan. Jadi kalau atlet atau mantan atlet saya yakin bakal cepat pulih,” kata Yunus mengakhiri.

Namun, pada Rabu (24/3) Pelatih dari Korea Selatan itu dikabarkan masuk High Care Unit (HCU) dan telah dikonfirmasi oleh Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto.

Menurut pengakuan pelatih fisik Timnas Indonesia, Lee Jae-hong, koleganya itu sedang dalam kondisi cukup serius, karena terdapat penyakit bawaan, yaitu diabetes.

“Kalau tingkat keparahannya saya tak tau, tetapi kalau dia dibawa ke HCU saya tau. Sebab ada beberapa sumber yang menginformasikan ke saya,” kata Gatot dikutip dari laman detikSport.

Diketahui PSSI sampai menggelar acara pengajian untuk mendoakan kesembuhan pelatih timnas tersebut pada, Senin (22/3/2021) namun, tidak ada satu pun pihak dari PSSI yang menjelaskan kondisi terbaru dari mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Bahkan pihak Kedubes Korea di Indonesia pun sampai ikut turun tangan dalam menangani kesembuhan Shin Tae-yong. PSSI juga tidak keberatan dengan keinginan Kedutaan Besar Korea Selatan itu.

“Jika Kedubes sampai ikut campur itu merupakan hal wajar. Sama saja dengan ketika atlet-atlet Indonesia yang diurus Kedubes di Inggris waktu ada peristiwa All England kemarin,” kata Gatot.

“Tingkat keparahannya tak tau, sebab kami kan kemarin sibuk sama All-England. Kami doakan aja semoga beliau cepat pulih,” katanya mengakhiri.

To Top