Sports

Pemain Sepak Bola Elkan Baggott Resmi Punya KTP WNI

Pemain Sepak Bola Elkan Baggott Resmi Punya KTP WNI

Elkan Baggott, pemain klub Ipswich Town kini bergabung dengan timnas Indonesia dan sedang mengikuti pemusatan Latihan di Jakarta. Selasa, (9/11/2021) Bagott ditemani Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengurus pembuatan KTP di kantor Direktoran Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Alhamdulillah Elkan Baggott telah mendapat KTP WNI. PSSI mengapresiasi dan berterima kasih pada semua pihak yang membantu Elkan untuk mendapat KTP,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, di laman resmi federasi.

“Kami harap dengan Elkan memiliki KTP bisa membantu proses administrasinya untuk laga internasional Indonesia. Kini pelatih Shin Tae Yong butuh kehadirannya sebagai tembok kokoh pertahanan timnas,” sambungnya.

Bek tengah pemilik tinggi badan 194 sentimeter itu merupakan lulusan akademi Ipswich Town. Pada bulan Juli 2019, klub yang berkompetisi di divisi ketiga Liga Inggris itu memberinya beasiswa dan akhirnya ia masuk ke tim U-18 Ipswich Town. Saat berusia 17 tahun, pemuda kelahiran Bangkok, Thailand, itu pernah bergabung bersama tim senior klub tersebut.

Baggott pertama kali membela Tim Nasional Indonesia pada 2019 dalam persiapan Piala Dunia U-20. Ia sempat bergabung dalam pemusatan latihan dan beberapa laga uji coba di Kroasia.

Lihat Juga: Lama Menanti, Ezra Walian Akhirnya Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Ia pertama kali membela timnas U-19 asuhan Shin Tae Yong pada 11 Oktober 2020 saat melawan Makedonia Utara. Dalam pertandingan tersebut, Elkan Baggott berduet dengan Rizky Ridho dan berhasil membantu kemenangan Indonesia 4-1. Keduanya tampil kokoh ketika menghadapi umpan-umpan tinggi dari tim lawan.

Tetapi setelah itu, dia tidak pernah lagi mengenakan seragam Garuda di dada. Termasuk saat turnamen senior FIFA yang merupakan Kualifikasi Piala Dunia dan “playoff” Kualifikasi Piala Asia 2023. Baggott juga tidak tampak saat Indonesia berhadapan dengan Australia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada Selasa (26/10/2021) dan Jumat (29/10/2021) lalu.

Pada 23 Oktober lalu, Baggott kemudian mengirim surat permintaan maaf kepada PSSI karena tak bisa bergabung bersama timnas Indonesia. Dalam suratnya itu, ia juga berjanji akan kembali membela dan memberikan segalanya untuk timnas Indonesia.

Rupanya saat itu dirinya tidak bisa bergabung karena pemerintah Inggris dan klubnya menyarankannya untuk tidak pergi karena pandemi COVID-19 di Dubai yang memburuk. Permintaan maafnya pun mendapat sambutan baik. Ketua PSSI memaafkan bek berdarah Inggris-Indonesia itu dan memberikan kesempatan lagi kepadanya untuk membela Garuda Indonesia.

Saat ini, Elkan Baggot menjadi salah satu dari 26 pemain timnas Indonesia yang ditunjuk Shin Tae Yong untuk uji coba melawan Afganistan pada Selasa (16/11/2021). Dalam uji coba internasional itu rencananya timnas Indonesia juga akan menghadapi Myanmar pada Kamis (25/11/2021). Dua pertandingan uji coba tersebut dilakukan sebagai persiapan menyambut piala AFF Suzuki 2020 di Singapura pada 5-1 Desember 2021 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top