Sports

Pesta Gol, Timnas Indonesia U-17 Habisi Guam 14-0 di Kualifikasi Piala Asia

Timnas Indonesia U-17

Timnas Indonesia U-17 membungkam Guam dengan skor fantastis 14-0 pada laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Senin (3/10).

Timnas Indonesia U-17 membungkam Guam dengan skor fantastis 14-0 pada laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Senin (3/10).

Timnas Indonesia unggul telak 7-0 atas pada babak pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Arkhan Kaka mencetak quattrick atau empat gol yang terjadi pada menit kesembilan, 11′, 25′, dan 34′.

Tiga gol lain terbagi untuk M Narendra Tegar (27′), M Riski Afrisal (32′), dan Sulthan Zaky Pramana (45′).

Tidak butuh waktu lama untuk menambah gol, Timnas Indonesia U-17 langsung unggul 8-0 pada menit ke-46 setelah bek Guam Nicholas Scott mencetak gol bunuh diri usai salah mengantisipasi umpan silang Riski Afrisal dari sisi kiri.

Gol fantastis Jehan Pahlevi pada menit ke-48 mengantar Tim Merah Putih unggul 9-0. Bermula dari umpan silang M Nabil Asyura dari sisi kanan, Jehan menyambut umpan tersebut dengan tendangan voli kaki kiri sambil melompat.

Gaoshirowi menambah penderitaan Guam setelah memaksimalkan umpan matang M Narendra Tegar pada menit ke-59. Upaya Narendra dari sisi kiri yang dilanjutkan dengan umpan tarik diakhiri Gaoshirowi dengan sontekan apik yang membawa Indonesia unggul 10-0.

Gaoshirowi gagal menambah gol pada menit ke-75 setelah tendangannya dari dalam kotak penalti bisa ditangkap kiper Anthony Toves.

Blunder kiper pengganti John Nilo Gomez membuat Indonesia unggul jauh 11-0 pada menit ke-80. Gol itu bermula dari umpan silang Habil Abdillah Yafi dari sisi kiri.

John Nilo gagal mengantisipasi bola yang mengarah ke tiang jauh, sehingga bola langsung masuk ke gawang. Pada saat yang bersamaan kapten M Iqbal Gwijangge ikut menyambar bola itu. Dalam tayangan ulang gol itu murni milik Habil.

Figo Dennis menggenapkan keunggulan Indonesia jadi selusin gol atau 12-0 pada menit ke-85. Figo membobol gawang lawan setelah sapu bersih pemain lawan tidak sempurna.

Figo yang menunggu di depan kotak penalti bisa mengontrol bola itu dengan baik, yang kemudian diteruskan dengan tendangan kaki kiri ke pojok kiri bawah gawang John Nilo.

Keunggulan Timnas Indonesia U-17 bertambah jadi 13-0 melalui tendangan penalti Nabil Asyura pada menit ke-88. Nabil mengarahkan bola ke pojok kanan atas yang tidak bisa dijangkau John Nilo.

Penalti itu didapat Indonesia setelah Nicolas Yokota melakukan handball usai menahan tendangan Nabil dengan tangan. Pelanggaran itu membuat Nicolas dikartu merah karena mendapat kartu kuning kedua.

Unggul 13-0 tidak membuat pemain Indonesia mengendurkan serangan. Pada menit-menit akhir waktu normal Indonesia menambah keunggulan jadi 14-0 lewat gol Ji Da Bin pada menit ke-90. Timnas Indonesia U-17 menang telak 14-0 atas Guam.

Timnas Indonesia U-17 Tidak Lakukan Selebrasi Gol

Striker Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka mengungkapkan alasan tidak melakukan selebrasi saat mencetak empat gol ke gawang Guam di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Para pemain yang mencetak gol, termasuk Arkhan Kaka tidak melakukan selebrasi berlebihan meski mencetak lebih dari selusin gol. Arkhan mengatakan, ia dan rekan-rekan sudah berjanji tidak akan merayakan gol dengan cara berlebihan demi menghormati Tragedi Kanjuruhan.

“Untuk selebrasi, coach Bima dan pelatih lainnya sudah janjian karena sedang berduka jadi kami selebrasi sewajarnya saja. Untuk menghormati korban [Tragedi Kanjuruhan] dan berterima kasih kepada Tuhan yang memberi kemenangan,” kata Arkhan dalam konferensi pers.

Tidak hadirnya penonton di Stadion Pakansari buntut Tragedi Kanjuruhan ternyata tidak berdampak bagi pemain 15 tahun tersebut. Menurut dia ada atau tidak adanya penonton akan tetap membuat Timnas Indonesia U-17 dan dirinya tetap bermain maksimal.

“Tidak ada pengaruh karena kami bersemangat ada atau tidak ada penonton di pertandingan tadi dan berikutnya,” ujar Arkhan.

Meski demikian pemain akademi Persis Solo itu mengaku sedih saat mendengar kabar Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban ratusan jiwa. Di luar rasa syukur atas kemenangan besar melawan Guam, ia menaruh simpati pada insiden di Malang, Jawa Timur tersebut.

“Untuk pertandingan tadi alhamdulillah diberi kemenangan berkat kerja keras pelatih, pemain dan ofisial. Semua pertandingan penting dan kami akan fokus ke pertandingan berikutnya,” kata Arkhan.

“Saya turut bersedih dan kami pemain berdoa agar korban diterima di sisi-Nya dan keluarga diberi ketabahan,” ucap Arkhan menambahkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top