Sports

Piala Asia Wanita 2022: Inilah 5 Penyebab Indonesia Kalah 0-18 Atas Australia

Piala Asia Wanita 2022: Inilah 5 Penyebab Indonesia Kalah 0-18 Atas Australia

Beberapa faktor menjadi penyebab Timnas Putri Indonesia kalah dengan skor telak 0-18 pada pertandingan pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022. Sebelum laga di Stadion Mumbai pada, Jumat (21/1/2022), Timnas Putri sudah kalah pengalaman dibanding tim perjuluk Matildas itu.

Australia adalah tim langganan semifinals Piala Asia Wanita sejak bergabung pada 2006 lalu. Matildas telah menorehkan satu kali gelar juara dan tiga kali runner up.

Performa bagus Australia tersebut salah satunya karena materi pemain yang apik. Di Piala Asia Wanita 2022, beberapa pemain Australia adalah bintang klub Eropa, seperti Samantha Kerr (Chelsea), Caitlin Foord (Arsenal) dan Ellie Carpenter (Lyon).

Lihat Juga: Piala Asia Wanita 2022: Ingat Kembali Indonesia Pernah Dihajar Australia 0-7

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Timnas Putri Indonesia yang tak mempunyai kompetisi sebelum Piala Asia Wanita 2022. Persiapan minim tersebut membuat Garuda Pertiwi kalah mental dari Australia ketika pertandingan.

Tanpa persiapan yang matang, beberapa faktor menjadi penyebab Timnas Putri Indonesia dihajar Australia dengan satu setengah lusin gol.

5 Penyebab Indonesia Bertekuk Lutut Atas Australia di Piala Asia Wanita 2022

Pertahanan Tidak Solid

Pertahanan Timnas Putri sangat mudah ditembus Australia. Sejak peluit tanda pertandingan dimulai ditiup, Australia langsung mendapat peluang gol sebab penjagaan lini belakang timnas yang tidak ketat.

Setelah itu, Matildas begitu gampang menembus pertahanan Indonesia. Tembok yang tak solid tersebut ditambah dengan pemain-pemain Indonesia yang sering melihat bola tanpa langsung bereaksi ketika Australia menciptakan peluang gol.

Kondisi Fisik Berbeda Jauh

Dari pertandingan Piala Asia Wanita 2022 antara Timnas Indonesia vs Australia kemarin, fisik pemain menjadi salah satu sorotan. Fisik Garuda Pertiwi berbeda jauh dengan Australia yang sangat prima dan mempunyai reaksi cepat.

Para pemain Indonesia sering terlambat merespons, utamanya ketika Australia melakukan umpan terobosan. Beberapa gol Australia dari umpan terobosan tersebut akibat pemain Indonesia tak menjaga dengan ketat dan tidak mampu mengejar bola.

Postur Tubuh

Australia sangat tahu cara memanfaatkan keunggulan postur pemainnya ketika menghadapi Indonesia. Beberapa gol Matildas tercipta melalui sundulan. Salah satunya lewat Emily van Egmond yang menciptakan gol berkat sundulan Samantha Kerr.

Gampang Kehilangan Bola

Walaupun pengalaman Timnas Putri tertinggal, setidaknya Garuda Pertiwi harus bisa menahan bola. Dengan memainkan bola walaupun di daerah sendiri, artinya Indonesia akan memperlambat serangan Australia.

Hanya saja, dalam pertandingan perdana Indonesia di Piala Asia Wanita 2022 itu, Garuda Pertiwi kesulitan memainkan bola. Ketika ditekan, lini belakang tidak mendapat dukungan dari sektor lain. Sedhingga tidak ada pilihan lain selain membuang jauh bola.

Penyelesaian Akhir

Timnas Putri tak akan pulang tanpa gol apabila salah satu peluang dari Baiq Amiatun tak terbuang begitu saja. Di menit ke-62, Baiq mendapat umpan terobosan dari Helsya Maeisyaroh, namun saat di depan gawang Australia, eksekusi Baiq malah jauh dari tujuan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top