Sports

Profil Timnas Curacao yang Akan Jadi Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Profil Timnas Curacao

Berikut ini profil Timnas Curacao yang akan menjadi lawan Indonesia dalam laga uji coba resmi FIFA.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa Timnas Indonesia memiliki tiga negara calon lawan di FIFA Matchday pada September 2022. Salah satu negara yang disebut adalah Curacao.

Jadi kini, PSSI tengah menjajaki negara Curacao, India dan Hong Kong untuk uji coba. Khusus Curacao, Iriawan mengungkapkan adanya kendala.

“PSSI terus melakukan komunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia harus sudah vaksin,” kata Iriawan dalam keterangan di laman resmi PSSI, Rabu (20/7/2022).

Jika berbicara soal Timnas Curacao, sekuat apakah mereka? Bagaimana dengan peringkat FIFA-nya? Berikut kami sajikan profil mereka di bawah ini.

Profil Negara Curacao

Sebelumnya, Selasa (19/7/2022), Iriawan menyampaikan bahwa salah satu lawan Timnas Indonesia yaitu negara Amerika Latin. Publik menduga yang dimaksud Iriawan itu adalah Bolivia yang saat ini menempati posisi 81 dunia. Namun, belakangan muncul nama Curacao.

Lantas apakah Curacao adalah negara Amerika Latin? Sebetulnya, istilah “Amerika Latin” mengacu pada wilayah budaya Amerika yang terdiri dari sejumlah negara yang sehari-harinya menggunakan Bahasa Portugis, Spanyol dan Prancis.

Karena itulah negara Amerika Latin identik dengan wilayah Amerika Selatan. Tetapi, Curacao tidak memakai ketiga bahasa tersebut sebagai bahasa resmi, melainkan menggunakan Bahasa Papiamentu, Belanda dan Inggris.

Lihat Juga: Mengenal EAFF, Federasi Sepak Bola yang Dilirik PSSI Jika Keluar AFF

Hanya saja, secara geografis Curacao memang cukup dekat dengan Amerika Selatan. Negara kepulauan itu berdekatan dengan Venezuela.

Kekuatan Timnas Curacao

Selanjutnya, sekuat apa Timnas Curacao? Menurut peringkat FIFA per 23 Juni 2022, Timnas Curacao menempati posisi ke-84, cukup jauh di atas Timnas Indonesia yang kini berada di ranking 155.

Namun secara prestasi mereka kurang gemilang karena tidak pernah lolos Piala Dunia. Sebelumnya, pada tahun 1963 dan 1969, Curacao yang masih dikenal sebagai Netherlands Antilles pernah menduduki posisi tiga Piala CONCACAF.

Tapi setelah itu, prestasi mereka semakin merosot. Curacao bahkan baru bisa mengikuti Piala CONCACAF lagi pada tahun 2017. Saat itu, langkah mereka terhenti di babak grup. Prestasi mereka kemudian naik di tahun 2019 dan mencapai perempat final.

Secara prestasi, Timnas Curacao pernah menjuarai Piala Karibia 2017 dan Turnamen ABCS 2021 (diikuti oleh empat negara, Curacao, Aruba, Suriname dan Bonaire).

Lihat Juga: Resmi! Timnas Indonesia Batal FIFA Matchday Maret 2022 Atas Permintaan Shin Tae-yong

Sementara soal pemain terhebat mereka, ada nama Cuco Martina. Pemain bek tim Belanda, Go Ahead Eagles, ini merupakan kolektor caps terbanyak negaranya dengan 55 kali tampil.

Rangelo Janga dan Leandro Bacuna merupakan top skor Curacao dengan koleksi 13 gol. Janga kini bermain untuk klub Siprus, Apollon Limassol Sedangkan Leandro bersama tim Wales, Cardiff City.

Kini Timnas Curacao dilate oleh Art Langeler asal Belanda. Dia pernah membawa klub PEC Zwolle menjuarai Divisi 2 Liga Belanda edisi 2011/12.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top