Sports

Profil Tokyo Verdy, Klub Baru Pratama Arhan di Liga Jepang

Profil Tokyo Verdy, Klub Baru Pratama Arhan di Liga Jepang

Tokyo Verdy resmi mengumumkan bergabungnya bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Klub yang sebelumnya bernama Verdy Kawasaki itu adalah tim bersejarah di Liga Jepang.

Tokyo Verdy mengumumkan transfer Pratama Arhan pada Rabu (16/2/2022) pagi WIB. Mereka menyampaikan bahwa Arhan didapatkan lewat proses transfer penuh dari PSIS Semarang.

“Dengan senang hati kami menginformasikan bahwa Arhan yang tergabung di PSIS Semarang telah memutuskan untuk bergabung dengan Tokyo Verdy dengan transfer penuh,” tulis keterangan resmi klub baru Pratama Arhan itu.

Sementara itu, kedatangan Arhan akan menyesuaikan dengan jadwal karena adanya pembatasan imigrasi. Usai menjalani masa tunggu dan pemeriksaan medis, Arhan akan meneken kontrak bersama klub Divisi 2 di Liga Jepang itu.

Profil Klub Tokyo Verdy

Bernama lengkap Tokyo Verdy 1969 Football Club kini mereka berkompetisi di divisi kedua Liga Jepang alias J2 League. Terakhir kali klub yang bermarkas di Ajinomoto Stadium, Tokyo, ini berkompetisi di J1 League pada musim 2008.

Pada musim itu, mereka finis di urutan ke-17 dari 18 tim peserta sehingga terpaksa terdegradasi ke J2 League. Walaupun saat ini berlaga di J2 League, tim ini merupakan salah satu klub bersejarah dalam sepak bola Negeri Sakura.

Klub ini dibentuk pada tahun 1996 dengan nama Yomiuri FC. Mereka mencapai puncak kesuksesannya pada 1983-1994 saat diperkuat oleh para pemain terkenal seperti Kazuyoshi Miura, Tsuyoshi Kitazawa dan Ruy Ramos. Bersama para bintang tersebut mereka sempat meraih gelar Liga Jepang selama empat musim berturut-turut yaitu pada 1990-1994.

Lihat Juga: Pratama Arhan Gabung Tokyo Verdy, PSIS Lepas Sang Pemain Secara Gratis!

Kala itu Verdy bermarkas di kawasan Kawasaki sehingga mempunyai nama Verdy Kawasaki. Mereka diklaim sebagai salah satu klub tersukses di Jepang dengan torehan dua gelar juara Liga Jepang, lima kali juara Piala Kaisar, enam Piala Super Jepang dan satu kali menjuarai Piala Champions Asia.

Setelah masa keemasan, Verdy lalu merosot dan tidak bisa bersaing di papan atas. Verdy lalu kembali ke Tokyo, dan turun ke divisi kedua usai berakhirnya musim 2005.

Sempat kembali bersaing di Liga 1 Jepang pada 2008, Verdy lalu kembali terdegradasi dan hingga saat ini masih berjuang di J2 League. Kini, Tokyo Verdy bermarkas di Ajinomoto Stadium yang merupakan stadion berkapasitas 50.000 penonton. Mereka berbagi stadion tersebut bersama FC Tokyo.

Nantinya stadion tersebut bakal menjadi panggung bagi Pratama Arhan untuk menampilkan permainannya di J2 League.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top