Sports

PSSI Berubah Pikiran, Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas Senior

Shin Tae-yong

Isu soal Shin Tae-yong akan fokus menangani Timnas Indonesia U-19 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023 muncul setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Shin keteteran. Pelatih asal Korea Selatan itu kini melatih tiga Timnas Indonesia, yaitu U-19, U-23 dan senior.

Sebelum mendampingi skuad Garuda ke Kuwait untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin lebih dulu mengarahkan Timnas Indonesia U-23 yang tampil di SEA Games.

Iwan Bule Pastikan Shin Tae-yong Tetap di Timnas Senior

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan Shin Tae-yong tetap melatih Timnas Indonesia senior di Piala Asia 2023. Hal tersebut ia sampaikan dalam jamuan dan ramah tamah dengan para pemain, pelatih dan ofisial Timnas Indonesia di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, pada Kamis (16/6/2022).

Kesuksesan Tim Merah Putih lolos ke Piala Asia menjadi faktor PSSI tak menggeser Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-20.

“Demikian, kemarin kami diskusikan kembali. Karena hasil luar biasa ya (di Kualifikasi Piala Asia 2023), jadi senior masih dipegang sama Shin Tae Yong,” ujar Iriawan kepada wartawan pada Kamis (16/6/2022) malam.

Karena menjadi pelatih Timnas senior, Iriawan tidak bisa memastikan posisi mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu di Timnas U-23. Namun yang pasti, posisinya sebagai pelatih Timnas U-19 yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 2023 juga tidak akan digantikan.

Lihat Juga: Indonesia Lolos, Ini Jadwal Piala Asia 2023 Mendatang

“Kalau Timnas U-23 kita liat nanti. Yang jelas senior sama U-20 sudah pasti. Nanti kami berdiskusi dengan yang bersangkutan. Kalau beliau mau U-23, silakan. Yang jelas senior dan U-20 dipegang Shin,” jelas Iriawan.

Sementara itu, kemungkinan Indonesia maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 belum ditentukan. PSSI akan mempertimbangkannya dengan seksama bersama Komite Eksekutif dan berkonsultasi dengan AFC dan FIFA.

“Kita tunggu dulu (tuan rumah Piala Asia 2023). Fokus kita Piala Dunia U-20 2023. Kita liat perkembangannya. Nanti berikutnya kita akan jelaskan masalah kita host untuk Piala Asia 2023 yang jelas Piala Dunia nomor satu,” tegasnya.

Pada pekan pertama Juni 2022, Iwan Bule menyebut Shin Tae-yong keteteran menangani tiga Timnas Indonesia. karena itu, federasi dan Anggota Exco sepakat ingin Shin hanya konsentrasi ke Timnas U-19 demi Piala Dunia U-20 2023 dan angkat kaki dari Timnas Indonesia senior.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 4 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top