Sports

PSSI Cari Pelatih Pengganti Shin Tae Yong, Ini 3 Nama yang Bisa Jadi Opsi

Pelatih Pengganti Shin Tae Yong

PSSI berencana mencari pelatih pengganti Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan bertanding di SEA Games 2023 di Kamboja.

SEA Games 2023 bakal digelar pada 5-16 Mei, yakni hanya berjarak empat hari setelah Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Shin Tae Yong dinilai akan terlalu sibuk jika harus menangani Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-20 sekaligus.

Oleh karena itu PSSI ingin mencari alternatif. Namun Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan pihaknya akan berdiskusi lebih dulu dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Pelatih Pengganti Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia U-23

Beberapa nama bisa jadi pilihan untuk menangani Timnas Indonesia U-23, berikut tiga calon pelatih pengganti Shin Tae Yong.

1. Indra Sjafri

Indra Sjafri bisa menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Shin Tae Yong di Timnas U-23. Salah satu alasannya karena ia berpengalaman menangani berbagai kelompok umur Tim Merah Putih.

Lihat Juga: PSSI Berubah Pikiran, Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas Senior

Pelatih 59 tahun itu juga pernah mengantarkan Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara Piala AFF-U19 2013. Dia juga meloloskan Timnas U-19 ke Piala Asia U-19 2014.

Setelah sempat mengarsiteki Bali United pada 2015-2016, Indra Sjafri kembali ke Timnas Indonesia U-19 dan membawa pasukannya meraih posisi ketiga di Piala AFF U-19 2017 dan 2018.

Catatan tersebut membawanya promosi ke Timnas U-22. Prestasi yang ia raih bersama tim asuhannya dengan menjuarai Piala AFF U-22 2019, medali perak Merlion Cup dan SEA Games 2019.

Saat ini Indra Sjafri dipercaya sebagai Direktur Teknik PSSI. Ia mengemban jabatan strategis tersebut di era kepemimpinan Mochamad Iriawan.

2. Nova Arianto

Nama lain yang bisa menjadi pelatih pengganti Shin Tae Yong adalah Nova Arianto. Mantan pemain Persebaya itu sejak dua tahun terakhir menjadi asisten Shin Tae Yong. Ia juga dianggap telah mengetahui kebutuhan Tim Garuda di bawah kepelatihan Shin Tae Yong.

Nova juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di era Indra Sjafri pada 2019 lalu. Hal ini bisa menjadi pendukung Nova dalam Menyusun strategi. Ia bisa menjadi salah satu pilihan efisien jika Shin Tae Yong ingin fokus melatih Timnas U-20 di Piala Dunia mendatang. Sebab, Indra Sjafri pun juga disibukkan dengan jabatannya sebagai Direktur Teknik PSSI.

3. Bima Sakti

Bima Sakti mendapat sorotan setelah sukses membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Kualitasnya sebagai pelatih pun semakin diperhitungkan.

Pria berusia 46 tahun itu dikenal dengan gaya kepelatihannya yang unik karena mengedepankan kedekatan pemain dan keluarga sebagai tambahan motivasi. Ia juga mengutamakan kedekatan emosional para pemain agar solid di lapangan.

Lihat Juga: Shin Tae Yong Berhentikan Dua Asisten Pelatih Timnas Indonesia Per Januari 2022

Itulah tiga nama yang bisa menjadi alternatif PSSI untuk dijadikan sebagai pelatih pengganti Shin Tae Yong di Timnas U-23 untuk SEA Games 2023 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top