Sports

PSSI Resmi Batalkan Shopee Liga 1 2020

PSSI Resmi Batalkan Shopee Liga 1 2020

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang digelar pada, Rabu (20/1/2021) PSSI memutuskan untuk menghentikan Shopee Liga 1 2020. Dalam rapat tersebut ada empat keputusan yang diambil oleh PSSI, intinya kompetisi tersebut sudah tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

Alasan pertama kompetisi musim 2020-2021 dibatalkan adalah karena adanya pandemi COVID-19. Kedua, karena tidak adanya juara dan tidak ada degradasi. Alasan ketiga yaitu, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 merupakan peserta kompetisi 2020. Sedangkan alasan keempat terkait kontra pemain di masing-masing klub.

Lihat Juga: PSSI Digoyang Isu Jual-Beli Jabatan Manajer Timnas U-20

Keputusan PSSI ini pun didasari oleh saran dari klub Shopee Liga 1 2020 dan 2. Klub-klub Shopee Liga 1 dan 2 menyarankan untuk menghentikan kompetisi dalam Owners Meeting yang diselenggarakan pada 15 Januari oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Dari masukan yang kemudian dibahas Exco PSSI, akhirnya ada putusan yang jelas terkait Liga 1 dan 2. Exco PSSI memutuskan untuk membatalkan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Selain menyarankan untuk menghentikan kompetisi, klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan PT LIB untuk memastikan Mabes Polri memberikan izin. Sehingga klub dapat mempersiapkan musim kompetisi 2021 lebih mudah.

Seperti yang diketahui, salah satu yang menghambat gelaran Shopee Liga 1 2020 adalah izin dari kepolisian. Rencana kick-off pada Oktober dan November lalu pun terpaksa gagal karena alasan tersebut.

Komjen Listyo Sigit Prabowo yang menjadi satu-satunya calon Kapolri, PT Liga Indonesia Baru berharap Shopee Liga 1 2020 dapat diberi izin oleh Kapolri baru tersebut. Sigit sendiri menjadi satu-satunya nama yang dikirim ke DPR oleh pemerintah.

Andai nanti sudah ada keputusan terkait siapa yang akan menjabat sebagai Kapolri, PT LIB berharap ada kejelasan untuk perhelatan Shopee Liga 1. PSSI bersama PT LIB sebelumnya sudah gagal melanjutkan kompetisi karena tidak ada izin dari kepolisian akibat pandemi.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top