Sports

Pujian untuk Sirkuit Mandalika dari Pembalap hingga Tim WSBK: Nama Jokowi Ikut Disebut

Pujian untuk Sirkuit Mandalika dari Pembalap hingga Tim WSBK: Nama Jokowi Ikut Disebut

Para pembalap yang ikut dalam ajang World Superbike (WSBK) sudah menjajal Sirkuit Mandalika sejak hari Jumat (19/11/2021). Beberapa kepala tim hingga pembalap mengaku terpukau dengan sirkuit jalanan yang rencananya akan menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan. Mandalika International Street Circuit akan menggelar ajang balap internasional pertamanya saat menjadi tuan rumah Asia Talent Cup dan WSBK yang dimulai pada 19-21 November 2021.

Beberapa kepala tim dan pembalap yang pertama kali menjajal sirkuit ini mengaku kagum dan senang. Apalagi saat menyaksikan pemandangan di sekitar dan mulusnya aspal lintasan. Manajer Tim HRC Leon Camier, menyatakan sangat terkesan dengan desain penempatan sirkuit. Menurutnya, sejauh ini baik kru maupun pembalap merasa senang selama berada di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Saya kira seluruh orang benar-benar terkesan dengan tata letak serta desain sirkuit. Ini betul-betul menakjubkan. Dari apa yang kami tahu, saya pikir trek ini perlu alas lagi. Permukaannya sangat baru dan masih hijau. Sejauh ini seluruh orang betul-betul senang,” tutur Leon Camier mengutip dari laman WSBK.

Manajer Pata Yamaha Paul Denning, juga mengaku kagum dengan Sirkuit Mandalika yang belum pernah dirinya ketahui sebelumnya. Walau begitu, terdapat sejumlah hal di lintasan yang menurutnya perlu untuk diperbaiki.

Lihat Juga: Cuaca Buruk, Race 1 WSBK Mandalika Ditunda

“Tata letaknya berbeda tapi saya kira tidak mudah untuk dilintasi, ada bagian puncak usai tikungan di sektor terakhir. Secara umum, ini merupakan trek yang menyenangkan,” ucapnya.

“Ada beberapa persoalan dengan permukaan, beberapa kerusakan pada permukaan usai FP1(latihan bebas pertama) tapi itu seperti sindrom trek baru. saya kira itu akan diperbaiki ke depannya,” jelas Denning.

Selain itu, beberapa pembalap WSBK seperti Scott Redding, Toprak Razgatlioglu, Jonathan Rea hingga Michael Ruben Rinaldo juga memuji Sirkuit Mandalika.

“Wow! Sirkuit yang sangat luar biasa di Indonesia. Kalian semua melakukannya dengan hebat! Terima kasih sudah bekerja keras dan mewujudkan balapan ini dapat terwujud,” tulis Scott Redding di akun Instagram miliknya @reddingpower.

“Terima kasih Bapak Presiden dan Bapak Erick Thohir untuk sirkuit yang keren,” kata Michael Renaldi di Instagram milik Erick Thohir @erickthohir.

Namun, karena masih baru dibuka sehingga ditemukan beberapa kekurangan di lintasan yang mempunyai 17 tikungan itu.

“Saya selalu menyukai trek baru, saya sangat cepat di lintasan yang kotor ini, sebab saya selalu berlatih seperti ini,” ungkap Toprak.

“Lintasannya bagus begitu pula dengan layout-nya, tapi hanya sedikit kotor pada aspalnya. Kemudian ditemukan juga sedikit bumpy di beberapa area dan sektor terakhir sangat licin, ini yang kerap ditemui di lintasan baru,” kata Jonathan Rea.

Meski begitu, secara keseluruhan Sirkuit Mandalika telah dipuji oleh tim dan pembalap WSBK. Jika memang masih terdapat kekurangan, hal ini dapat menjadi evaluasi bagi pihak terkait untuk segera memperbaikinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top