Sports

Raih Ballon d’Or 2021, Alexia Putellas Jadi Ratu Sepakbola

Raih Ballon d’Or 2021, Alexia Putellas Jadi Ratu Sepakbola

Kalau Lionel Messi jadi raja pesepakbola 2021, maka Alexia Putellas adalah ratunya. Gelandang asal Barcelona itu jadi pemain sepakbola putri peraih Ballon d’Or 2021.

Acara yang berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Perancis pada Selasa, (30/11/2021) ini menghadirkan enam kategori yang diperebutkan bintang-bintang sepakbola Eropa.

Salah satu ketegorinya adalah Ballon d’Or Feminin 2021 atau gelar Pemain Terbaik Putri. Nominasi tersebut baru diperkenalkan pada 2018 lalu.

Alexia Putellas menyabet gelar bergengsi itu setelah tampil menawan bersama Barcelona musim 2020/2021. Pemain berusia 27 tahun tersebut membawa Blaugrana memenangi treble winners, setelah menjuarai LaLiga Putri, Copa del Rey dan Liga Champions Putri.

Sepanjang musim, ia juga tampil apik dari segi statistik. Pemain kelahiran Barcelona itu mencatatkan 26 gol dari total 42 pertandingan, termasuk satu gol pada final Liga Champions saat Barcelona menumbangkan Chelsea 4-0.

Lihat Juga: Messi Dinilai Tak Pantas Menangi Ballon d’Or 2021, Kenapa?

Alexia awalnya sempat bergabung dengan CE Sabadell, kemudian pada 2005, dia pindah ke Barcelona, tetapi lebih dulu memakai jersey Espanyol. Selama dua musim sampai 2011, Alexia membela Levante, baru pada 2012 ia mengenakan seragam Barcelona hingga saat ini.

Kini, Alexia jadi penampil terbanyak ke-4 di Barcelona dengan 371 kali dan catatan 154 gol. Menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak ke-2 sepanjang sejarah. Sementara di Timnas Spanyol, dia memiliki caps terbanyak dengan 92 kali pertandingan dan 22 gol.

Sekarang, penggemar Barcelona sejak kecil itu dapat mewujudkan impiannya. Di Paris pada dini hari tadi, ia memenangkan gelar Ballon d’Or 2021. Hal ini menjadikannya sebagai pemain putri pertama asal Spanyol yang memenagkannya. Ini juga jadi gelar kedua baginya, setelah Agustus lalu ia didapuk sebagai Pemain Terbaik UEFA 2021.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman. Ini gelar individu, tetapi juga tidak terbantahkan jadi penghargaan bagi tim,” ujarnya di atas panggung, seperti melansir laman resmi Barcelona.

“Terima kasih pada seluruh pelatih yang memberi saya kepercayaan, penggemar, yang saya harap terus menikmati apa yang kami lakukan, klub yang berulang tahun ke-122, dan takdir yang membawa saya dapat mengangkat pial aini. Juga untuk keluarga saya,” sambung Alexia Putellas di acara penganugerahan Ballon d’Or 2021.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top