Sports

Ramai-ramai Ditolak, Apa Itu European Super League?

Ramai-ramai Ditolak, Apa Itu European Super League?

Warganet pecinta sebab bola tengah ramai membicarakan soal European Super League. Penyebabnya adalah adanya kabar bahwa beberapa klub raksasa Eropa telah mendaftarkan diri sebagai peserta liga tersebut. UEFA sebagai badan sepak bola Eropa serta federasi-federasi sepak bola Eropa lainnya pun mengeluarkan peringatan bagi tim yang bergabung dalam European Super League.

“Seperti telah diinformasikan sebelumnya oleh FIFA dan enam federasi sepak bola Eropa. Tim yang ikut liga itu bakal dilarang tampil di laga domestik, kompetisi Eropa, dan pemain mereka bakal kehilangan kesempatan untuk bergabung tim nasional,” terang pernyataan resmi UEFA, seperti dikutip dari The Athletic.

Lalu, Apa Itu European Super League?

European Super League merupakan sebuah kompetisi ekslusif di antara klub-klub raksasa Eropa. Mereka akan melibatkan 20 klub dengan 15 tim peserta tetao dan 5 tim lainnya akan dikualifikasi tiap tahun.

6 tim besar Liga Inggris yaitu Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur merupakan 6 di antara 15 tim peserta tetap. Seluruh tim yang menjadi peserta akan dibagi dalam 2 grup yang setiap grup berisi 10 tim.

Lihat Juga: Liga Top Eropa yang Menghilangkan Kehambaran

Selama babak perempat final dan semifinal, pertandingan kandang dan tandang dilakukan, sementara pada babak final laga akan dilakukan di tempat netral. Laga ini menawarkan hadiah lebih besar dibanding Liga Champions, yaitu 310 juta poundsterling. Sedangkan Liga Champions hanya menghadiahi 100 juta poundsterling. Liga ini sendiri didukung oleh beberapa bos klub-klub raksasa Eripa seperti Andrea Agnelli (Juventus) dan Florentino Perez (Real Madrid).

Ramai-ramai Ditolak

Liga ini menuai penolakan karena dinilai dengan kompetisi ekslusivitas yang kental dapat merusak nilai kompetitif laga sepak bola. FA, Asosisasi sepak bola Inggris, bahkan menilai European Super League dapat berefek dan ikut merusak sepak bola Inggris.

“Kami tak akan pernah mengizinkan tim ikut kompetisi yang bakal merusak sepak bola Inggris. FA bakal terus bekerja sama dengan FIFA dan Liga Primer Inggris untuk memastikan tak ada tim yang ikut,” terang pernyataan resmi FA.

Hal yang sama juga datang dari tim-tim penentang European Super League seperti Bayern Muenchen dan Paris Saint-Germain (PSG).

“Kami berpegang teguh pada tradisi liga UEFA,” terang PSG dalam pernyataannya.

To Top