Sports

Red Flag! Motor Alex Rins Terbakar Saat Latihan Bebas Ke-4 di Sirkuit Mandalika

Red Flag! Motor Alex Rins Terbakar Saat Latihan Bebas Ke-4 di Sirkuit Mandalika

Latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Mandalika 2022 terpaksa dihentikan sementara usai motor yang ditunggangi pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins terbakar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (19/3/2022).

Motor dengan tipe Suzuki GSX-RR itu terbakar ketika waktu FP4 tersisa kurang dari setengah jam lagi. Motor Rins terbakar saat ia memasuki tikungan 10. Awalnya, Rins tak sadar bahwa motornya terbakar hingga kemudian ia berusaha melihat apa yang sebenarnya terjadi karena tidak dapat menggeber gas.

Setelah menyadari motornya terbakar, dia lalu melompat untuk menyelamatkan diri di tikungan 13. Sejumlah marshal langsung datang untuk memadamkan api.

Lihat Juga: Meriahnya Parade MotoGP saat Marc Marquez cs Geber Motor di Jalan Protokol Ibu Kota

Alex Rins mengatakan ia memutuskan segera melompat dari motornya karena tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Meski tidak terluka maupun cedera, Rins mengaku bahwa insiden itu cukup ‘mengerikan’ baginya.

“Ada sebuah masalah dengan saluran mengalirnya bensin, mereka (teknisi tim) sudah mengecek (lagi),” kata dia dikutip dari Autosport.

Alex Rins Mengaku Sudah Merasa Aneh di Tikungan 10

Rins mengaku ketika di tikungan 10 sebenarnya ia sudah merasa ada yang aneh dengan tunggangannya. Motornya sempat terselip yang diduga akibat tumpahan minyak. Dia kemudian sempat melihat kondisi motornya, tetapi kala itu ia merasa masih baik-baik saja.

“Kemudian saya melihat ke arah dua kaki saya, ke arah ban, namun semuanya masih bisa dikontrol. Saya melanjutkan untuk memacu dan tiba-tiba saja di tikungan berikutnya saya kehilangan tenaga lagi,” ucap Rins.

Lihat Juga: Mengenal Teknologi Modifikasi Cuaca yang Jadi Pengganti Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika

“Jadi saya ke pinggir trek untuk keamanan saya, dan juga keamanan yang lain,” tambahnya.

Saat itulah, percikan api di motornya makin membesar.

“Kemudian saya melihat ke motor, saya melihat semuanya terbakar dan itu sebuah momen yang menakutkan karena di dalam kepala saya seperti ada yang berkata, ‘Alex, lompat’, karena mungkin motor itu akan meledak,” ujarnya.

Akibat peristiwa itu, Race Direction MotoGP pun memutuskan untuk mengibarkan red flag atau bendera merah. Sesi FP4 lalu dihentikan sementara dan kondisi trek diperiksa oleh FIM Safety sebelum sesi FP4 kembali dilanjutkan.

Pada babak kualifikasi berikutnya, Alex Rins harus memulai start kedelapan saat balapan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top