Sports

RIP Paco Gento, Ini 5 Fakta Perjalanan Karirnya Selama Jadi Pemain Sepak Bola

RIP Paco Gento, Ini 5 Fakta Perjalanan Karirnya Selama Jadi Pemain Sepak Bola

Pemain sepak bola asal Spanyol Paco Gento, meninggal dunia dalam usia 88 tahun. Ia adalah pemain yang ikut mengantarkan Real Madrid menjuarai Piala Eropa selama lima kali secara beruntun antara tahun 1956-1960.

Paco Gento juga jadi kapten tim Real Madrid yang meraih piala ke-6 kalinya pada 1966. Ia memberikan banyak gelar juara di turnamen terbesar Eropa daripada pesepakbola lainnya.

Pemain Sepak Bola Terhebat di Spanyol

Paco Gento tidak pernah absen dalam laga Piala Eropa antara tahun 1955-1970. Sehingga pada eranya ia mencatatkan 80 kali penampilan.

Secara keseluruhan ia turut serta dalam delapan laga final Piala Eropa, meraih 12 medali pemenang kejuaraan Spanyol dan bermain 43 kali untuk Spanyol pada tahun 195502969. Ia juga bermain di putaran final Piala Dunia tahun 1962 dan 1966.

Lihat Juga: Real Madrid Juara Piala Super Spanyol, Ini 3 Sejarah Dibalik Kesuksesannya

Dijuluki Badai Laut Cantabria

Alfredo Di Stefano yang merupakan “The Grand Panjandrum of Real Madrid” adalah rivalnya dulu. Namun ia berposisi sebagai pemain sayap kiri Argentina pada awal tahun 1950-an. Héctor Rial lah yang mengajari Gento cara memanfaatkan kecepatannya, hingga membuatnya dijuluki La Galerna del Cantábrico alias Badai Laut Cantabria.

Gabung dengan Real Madrid di Usia Belia

Gento Lahir di desa Guarnizo yang terletak di wilayah Cantabria di barat laut Spanyol. Saat usianya 19 tahun, Gento bergabung dengan klub besar terdekat, yakni Real Santander. Namun ia hanya sempat bermain dalam 10 pertandingan liga sebelum Real Madrid mengajaknya bergabung pada tahun 1953.

Debut Paco Gento di Piala Eropa

Tahun 1955 Gento mendapatkan caps Spanyol pertamanya dalam laga imbang 1-1 melawan Inggris yang digelar di Madrid. Pada tahun berikutnya di Paris ia bermain dalam debutnya di final Piala Eropa menghadapi Reims.

Lihat Juga: Ironis, Gareth Bale di Real Madrid Dulu Dipuji Kini Dicaci

Ia sukses meraih medali Piala Eropa, walaupun tidak mencetak gol. Kemudian diikuti pada laga final tahun 1959 dan 1960 lawan Reims dan Eintracht Frankfurt.

Rekor Paco Gento

Pada tahun 1962 dan 1964, Real Madrid sempat menderita kekalahan. Hingga akhirnya Gento menjadi kapten tim dan Real Madrid menang 2-1 atas Partizan Belgrade pada tahun 1966 di Brussels. Kemenangan tersebut mencatatkan dirinya sebagai pemegang rekor enam kali juara di Piala Dunia.

Di ujung karirnya hingga tahun 1971, Real Madrid gagal bertanding di final Piala Eropa. Namun ia tampil di laga final Piala Winners Eropa 1971 dan memenangkan kompetisi domestik. Total, Paco Gento telah mencetak 182 gol dalam 600 pertandingan untuk timnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top