Sports

Robert Lewandowski, Pemain Bola Terbaik 2020 Versi FIFA

Robert Lewandowski, Pemain Bola Terbaik 2020 Versi FIFA

This post is also available in: English

Pemain sepak bola atau ‘The Best’ FIFA tahun ini dinobatkan kepada striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Pria berusia 32 tahun ini menjadi pemain dengan gol terbanyak di Eropa, ia juga turut mengantarkan Bayern menjadi juara Liga Champions. Selain itu Lewandowski juga berhasil mengalahkan dua rival lainnya yaitu Messi dan Ronaldo. Pencapaian ini sekaligus menjadi yang pertama bagi dirinya.

“Saya sangat bangga dan sangat senang. Saya harus jujur mengatakan bahwa ini adalah hari luar biasa bagi saya dan untuk klub saya,” kata Lewandowski seperti dikutip dari AFP, Jumat (18/12).

“Perasaan yang luar biasa. Memenangkan penghargaan di depan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sangat berarti bagi saya,” tambahnya.

Sebelumnya, ia juga mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik dari UEFA pada bulan Oktober lalu. Prestasi tersebut tentu sangat membanggakan. Pasalnya, walaupun ia telah berhasil merebut enam gelar Bundesliga sejak debut bersama Bayern dan meraih pencetak gol terbanyak dalam empat dari lima musim terakhir, dirinya masih diragukan.

Robert Lewandowski saat ini mungkin berada di waktu yang tepat untuk mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan gelar pemain terbaik versi FIFA 2020. Sebelumnya, FIFA mengumumkan finalis The Best FIFA Football Award 2020 secara resmi pada Jumat, (11/12). Tiga finalis yang terpilih untuk memperebutkan pemain bola pria terbaik adalah Lewandowski, Ronaldo, dan Messi.

CEO Bayern Munchen, Karl-Heinze Rummenigge menyebut kalau Lewandowski adalah penyerang paling berbaha di dunia saat ini. Musim lalu ia berhasil mengumpulkan 55 gol dalam 47 pertandingan, sekaligus mengantarkan Munchen meraih beberapa piala kemenangan domestic maupun Eropa.

Dengan ketajamannya, Robert Lewandowski ikut mengantar Munchen meraih gelar juara Liga Champions setelah menaklukkan Paris Saint Germain 1-0 pada laga final.

Lihat Juga: Profil Diogo Jota, Pemain Terbaik Liga Champions UEFA 2020 Setelah Hattrick Untuk Liverpool

Sedangkan Ronaldo dan Messi sejak satu dekade ini sudah jadi langganan masuk tiga besar nominasi Pemain Terbaik FIFA. Kecuali pada tahun 2018 lalu, saat Luka Modric berhasil membawa pulang gelar Pemain Terbaik FIFA.

Selain Robert Lewandowski, FIFA juga memberikan beberapa penghargaan dengan kategori berbeda. Seperti kiper terbaik yang disematkan kepada kiper Bayern Munich, Manuel Neuer. Ia berhasil mengalahkan Alisson yang saat ini bergabung bersama Liverpool dan Jan Oblak dari Atletico Madrid.

Penyerang Tottenham Hotspur asal Negeri Ginseng, Korea Selatan, Son Heung-min mendapat gelar Puskan Award atau gol terbaik lewat tendangannya ke gawang Burnley saat Liga Inggris 7 Desember 2019 lalu. Sedangkan pada kategori pemain bola wanita terbaik diberikan kepada Lucy Bronze asal Manchester City.

To Top