Sports

Mengerikan, Inilah 3 Sirkuit Langganan Kasus Pembalap Alami Crash Selama MotoGP 2020

Crash Selama MotoGP 2020

Pada tanggal 22 November 2020, Ajang MotoGP musim 2020 sudah selesai digelar dengan total 14 seri. Setiap kali balapan, insiden pembalap yang mengalami Crash Selama MotoGP pasti ada. Bisa dipastikan dalam satu musim MotoGP, kasus seperti itu tentunya sangat sering terjadi.

Setiap tahun, MotoGP selalu merilis data mengenai kasus pembalap yang mengalami crash saat kompetisi. Tahun ini, jumlah kasus tersebut menurun cukup jauh dibandingkan MotoGP 2019. Pada MotoGP 2019, kasus pembalap yang alami crash tercatat ada 971 kasus, sedangkan di tahun ini menurun hingga 722 kasus.

Kasus terjatuhnya pembalap tersebut tentunya di sirkuit balapan yang berbeda-beda. Ada banyak sirkuit yang digunakan selama MotoGP 2020. Namun ada beberapa sirkuit yang tercatat paling banyak kasus pembalap yang mengalami crash di musim 2020. Kira-kira sirkuit mana saja yang dimaksud? Inilah ulasannya

1. Sirkuit Le Mans, Prancis

Sirkuit Le Mans, Prancis
MotoGP 2020 – Sirkuit Le Mans, Prancis

Sirkuit Le Mans ini bernama asli Circuit de la Sarthe adalah sebuah sirkuit yang terletak di dekat Le Mans, Prancis. Sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit terpanjang di dunia dengan total panjang sekitar 13,629 km. Bisa dibilang Sirkuit Le Mans ini termasuk sirkuit legendaris. Hal itu dikarenakan setiap tahunnya selalu diadakan balap ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Pada ajang MotoGP 2020, Sirkuit Le Mans menjadi satu-satunya sirkuit yang paling banyak kasus pembalap mengalami crash dibandingkat sirkuit-sirkuit lainnya. Sebanyak 100 kali pembalap yang rata-rata terjadi di tikungan ke 3. Di tikungan tersebut tercatat sebanyak 20 kali pembalap yang mengalami crash di sana.

Sirkuit Le Mans, Prancis
Foto Valentino Rossi yang terjatuh di sirkuit Le Mans, Minggu (11/10/2020)

Banyaknya kasus Crash Selama MotoGP dikarenakan saat penyelenggaraan kompetisi bertepatan dengan musim dingin sehingga para pembalap kesulitan untuk membangun temperatur yang ideal pada ban agar mendapatkan cengkraman yang baik. Sebenarnya, ajang yang diselenggarakan di Le Mans ini dijadwalkan pada musim panas, namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 jadwal tersebut diundur.

2. Sirkuit Catalunya, Barcelona

Sirkuit Catalunya, Barcelona
MotoGP 2020 – Sirkuit Catalunya, Barcelona

Sirkuit Catalunya atau Circuit de Barcelona adalah salah satu sirkuit yang terletak di Montmelo, kota Barcelona, Spanyol. Circuit de Barcelona pernah dipakai untuk ajang balapan Formula Satu, GP2, SpanishGP hingga MotoGP 2020 yang baru selesai diselenggarakan. Sirkuit Catalunya memiliki panjang sekitar 4,627 km dengan total 13 tikungan.

Selain sirkuit Le Mans, Sirkuit Catalunya menjadi sirkuit urutan kedua yang tercatat memiliki banyak pembalap terjatuh atau Crash Selama MotoGP. Di MotoGP 2006, Marco Melandri, Sete Gibernau, Loris Capirossi, Randi de Puniet dan Daniel Pedrosa tercatat pernah mengalami kecelakaan di tikungan pertama. Sedangkan di MotoGP 2020 ini, total pembalap terjatuh sebanyak 64 kasus.

3. Sirkuit Valencia

Sirkuit Valencia
MotoGP 2020 – Sirkuit Valencia

Sirkuit Valencia atau yang juga dikenal dengan Circuit Ricardo Tormo ini terletak di pinggiran kota Valencia, Spanyol. Valencia termasuk salah satu sirkuit yang memiliki desain unik seperti bentuk stadion sehingga penonton bisa menonton aksi para pembalap di berbagai sudut sirkuit.

Sirkuit Valencia memiliki trek sepanjang 4 km. Trek pada sirkuit ini sempit dan karakteristiknya lambat dengan 14 tikungan yang terdiri dari delapan handers kiri, lima handers kanan, dan trek lurus sepanjang 650 m.

Pada MotoGP 2020, kasus pembalap yang mengalami crash tercatat sebanyak 61 kasus. Penyebabnya sama dengan apa yang terjadi di sirkuit Le Mans dimana karena adanya perubahan jadwal, maka pertandingan dilaksanakan saat musim dingin sehingga para pembalap kesulitan saat mengendalikan temperatur ban motor yang digunakan untuk balapan.

Baca Juga : MotoGP Batal Digelar Di Sirkuit Mandalika

Nah itulah 3 sirkuit yang paling banyak kasus pembalap alami crash selama MotoGP 2020. Jumlah kasus terbanyak terdapat pada sirkuit Le Mans di Prancis. Untuk pembalap dengan jumlah paling banyak terjatuh saat kompetisi selama MotoGP 2020 dialami oleh Johann Zarco dengan total 15 kali terjatuh selama satu musim.

To Top