Sports

Tak Henti Jadi Sorotan, Kini Formula E Jakarta Batal Digelar Di Monas

Tak Henti Jadi Sorotan, Kini Formula E Jakarta Batal Digelar Di Monas

Pelaksanaan Formula E Jakarta tidak henti-hentinya jadi sorotan. Kabar terbaru, datang terkait pelaksanaannya yang batal digelar di Monas. Selain itu, ada pula kabar mundurnya salah satu pengurus pelaksanaan Formula E di Jakarta.

Muhammad Maulana, Project Director Sportainment Jakpro, diketahui telah mengundurkan diri. Selama di JakPro, Maulana turut ambil bagian dalam pelaksanaan Formula E. Kabar pengunduran diri ini juga dibenarkan oleh Direktur JakPro Gunung Kartiko. Ia mengatakan selama di JakPro Maulana menjabat sebagai SBU (Strategic Business Unit) Sportaimnet JakPro sekaligus SBU Formula E.

“Betul, mengundurkan diri,” kata Gunung Kartiko, kepada awak media, Rabu (6/10/2021).

“Beliau itu JakPro setara kadiv, jadi sebagai karyawan JakPro mengundurkan diri adalah hal yang wajar. Jadi jangan bikin kok heboh sekali. Posisinya Pak Maulana dahulu SBU Sportainment, tetapi merangkan SBU Formula E,” imbuhnya.

Gunung mengungkap Maulana mengundurkan diri beberapa minggu lalu. Ia juga tak ingin pengunduran diri tersebut dikait-kaitkan dengan Formula E. Karena, menurutnya, itu adalah hak bagi karyawan.

“Jangan dikaitkan. Dia berhak, dia memiliki karier lainnya,” ujar Gunung.

Formula E Jakarta Batal Digelar Di Monas

Selain itu, Gunung juga memastikan Formula E tetap digelar, kini JakPro sedang menyiapkan 5 venue untuk ajang balap tersebut.

“Venue yang pasti bukan di Monas, itu saja cluenya,” tutur Gunung Kartiko, Rabu (6/10/2021).

Ia mengatakan hingga saat ini vanue Formula E di Monas terkendala izin dari pemerintah pusat. Karena itulah, JakPro memutuskan untuk mencari vanue lain yang tetap menampilkan ikon DKI Jakarta. Gunung sendiri mengungkapkan pihaknya Sudha menyiapkan lima alternatif lokasi pengganti.

“Banyak, ada lima alternatif. Sebab Monas sepertinya agak berat dari perizinannya, jadi kita mencari lokasi ikon Jakarta yang memang menampilkan Jakarta,” lanjutnya.

Ia mengatakan nantinya FEO (Formula E Operation) akan meninjau langsung vanue-vanue yang akan dijadikan trek balap tersebut.

“Nanti begini, dari alternatif itu nanti FEO bakal datang untuk survey, mapping semua. Baru akan dipastikan yang bagus, (misal) altrnatif satu atau dua,” sambungnya.

Bocoran Vanue Pengganti

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap sejumlah lokasi telah disiapkan, beberanya di antaranya adalah kawasan Senayan dan Pantai Maju-Bersama.

“Bermacam-macam (lokasinya), seperti di Senayan, di Pantai Maju Bersama dan lainnya,” ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/2021).

Lihat Juga: Gagal Digelar 2020, Kini Formula E Belum Masukkan Jakarta Dalam Kalender Sementara 2022

Sedikit informasi, Pantai Maju dan Pantai Bersama berada di Jakarta Utara dan merupakan nama dari pulau reklamasi D dan G.

Riza sendiri tak memaparkan lebih lanjut alasan pemilihan pulau reklamasi sebagai calon lokasi Formula E Jakarta. Walau begitu, ia memastikan JakPro sebagai penyelenggara ajang balap tersebut akan mengecek beberapa lokasi tersebut.

“Tadi disampaikan oleh Direktur JakPro tak di Monas, terdapat 5 alternatif nanti bakal dicek tempatnya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top