Sports

Tampil Sip Di Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila Sumbang 2 Emas 1 Perak

Tampil Sip Di Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila Sumbang 2 Emas 1 Perak

Salah satu atlet Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila telah menyumbang dua medali emas dan satu perak untuk Indonesia. Emas pertama RI di Paralimiade 2020 berasal dari cabang bulutangkis sektor ganda putri. Leani yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah melawan pasangan ganda putri China  Cheng He Fang/Ma Huihui di Yoyogi National Stadium pada, Sabtu (4/9/2021).

Leani/Khalimatus berhasil menaklukkan lawannya dengan dua set langsung 21-18 dan 21-12. Ini adalah titik awal nama Leani Ratri Oktila mengharumkan Indonesia. Leani kembali mendapatkan medali saat bertanding di sektor tunggal putri melawan Cheng He Fang di laga final. Cheng He Fang berhasil membalas kekalahannya setelah bertemu Leani di final ganda putrid, Minggu (5/9/2021).

Wakil China itu mengumpulkan skor 19-21 pada gim pertama. Kemudian Leani berhasil merebut game kedua dan memaksakan rubber game usai menang 21-17. Leani gagal memenangkan gim ketiga walaupun sempat memimpin pertandingan dengan skor 8-6. Ia kalah di gim penentu 16-21 dan harus puas mendapatkan medali perak.

Lihat Juga: Jatuh-Bangun Greysia/Apriyani Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Beberapa jam kemudian, Leani kembali bertanding di laga final. Kali ini ia berlaga di sektor ganda campuran dan berpasangan dengan Hary Susanto. Hary/Lany berhasil menyumbang emas di gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan pasangan dari Prancis Lucaz Mazur/Faustine Noel dengan skor 23-21 dan 21-17.

Dengan begitu, medali emas tersebut menjadi yang kedua untuk Indonesia di Paralimpiade kali ini. Selain itu, Leani juga mengukirkan namanya sebagai penyumbang 3 medali.

Leani sendiri merupakan atlet yang pada 2011 lalu pernah mengalami kecelakaan. Akibatnya kaki kirinya mengalami masalah hingga berbeda 7cm lebih pendek dari kaki kanannya. Kini, pebulutangkis putri yang lahir 6 Mei 1991 itu masih menempuh pendidikan master bahasa Indonesia di Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo.

Leani Ratri Oktila telah bermain bulutangkis sejak berusia 7 tahun dan mulai bergabung dengan timnas paragames pada 2013. Ia juga telah mengumpulkan banyak prestasi bulutangkis, seperti juara di Kejuaraan Dunia BWF sektor ganda campuran (2017) di Korea, emas tunggal putri dan emas ganda campuran di Swiss (2019).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top