Sports

Timnas Indonesia Makin Garang di Lapangan, Pukul Telak Curacao 2 -1

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia disebut mengalami lompatan paling signifikan ketimbang tim-tim Asia Tenggara (ASEAN) lainnya usai digelarnya FIFA Matchday.

Timnas Indonesia meraih hasil memuaskan dalam dua laga uji coba FIFA Matchday bulan September. Dua kali bertemu Curacao, skuad asuhan Shin Tae Yong selalu meraih kemenangan.

Teranyar Rachmat Irianto dan kawan-kawan mengalahkan Curacao 2-1 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Selasa (27/9) malam WIB. Hasil ini melanjutkan torehan positif usai menang 3-2 atas lawan yang sama beberapa hari sebelumnya.

Merujuk perhitungan Footy Ranking, Indonesia berhak naik peringkat ke posisi ke-152 ranking FIFA. Sebelumnya, tim Merah Putih bertengger di posisi ke-155 per 25 Agustus.

Dua kemenangan beruntun di FIFA Matchday membuat Indonesia bakal membukukan 1033,90 poin.

Kenaikan ranking juga dirasakan Vietnam dan Malaysia. Sama seperti Indonesia, Vietnam meraih kemenangan dalam dua pertandingan bertajuk VFF Tri-Nations Series melawan Singapura dan India.

Vietnam tanpa ampun menghajar Singapura 4-0 dan dilanjutkan dengan kemenangan menyakinkan 3-0 atas India. Vietnam mendapatkan tambahan 7,81 poin dengan total poin 1226,65.

Malaysia yang gagal menjadi juara Kings Cup 2022 juga disebut Footy Rankings akan naik dua tingkat. Harimau Malaya akan memperbaiki posisi mereka dari ranking 148 menjadi 146.

Sedangkan Thailand menjadi satu-satunya wakil papan atas ASEAN yang tidak mengalami perubahan ranking. Tim yang diarsiteki Mano Polking akan tetap berada di peringkat 111 meski baru saja menang atas Trinidad dan Tobago yang menempati ranking 101 FIFA.

Kegagalan Thailand naik ranking tidak lepas dari kekalahan adu penalti melawan Malaysia di Kings Cup 2022.

Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Optimis Juara Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut timnya mulai memahami gaya permainan yang ia inginkan, seiring dengan hasil-hasil positif Skuad Garuda. Kemenangan ini cukup positif mengingat ranking FIFA Curacao berada cukup jauh diatas Indonesia

Sebelumnya Garuda juga memastikan lolos ke Piala Asia 2023. Khusus di tahun 2022, Garuda juga cuma sekali kalah, dua kali imbang, dan enam kali menang.

“Setelah lolos Piala Asia pemain mulai percaya diri, mereka juga mulai paham dan sadar filosofi sepakbola saya seperti apa,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan seusai laga Timnas Indonesia Vs Curacao, Selasa (27/9/2022).

“Mereka para pemain semakin bisa beradaptasi dengan filosofi sepakbola saya. Para pemain sudah bekerja keras dan saya sangat bangga,” ujarnya.

Pelatih asal Korea itu juga tak ambil pusing dengan tiga gol dari Curacao yang bersarang di gawang Timnas Indonesia. Lini pertahanan masih suka kecolongan, Garuda kebobolan dua gol di laga pertama dan sebiji gol di laga kedua.

Namun, Shin Tae-yong menyebut bahwa kebobolan adalah resiko dari sebuah permainan yang diinginkannya. Lagipula Timnas Indonesia sudah berhasil meraih kemenangan yang cukup mengesankan.

“Kalau kita hanya bicara kemasukan gol saja pasti tidak akan bisa maju ke depan, kalau misal kita selalu menegur dan mempermasalahkan kemasukan gol pasti kita susah maju,” tutur Shin Tae-yong.

“Sambil kemasukan gol kita harus memperbaiki dan berkembang, tidak boleh kita mengatakan kemasukan gol itu tidak baik. Karena itu bisa menjadi motivasi untuk lebih memajukan tim,” ucapnya.

Terima Kasih Timnas Indonesia Kepada Seluruh Suporter

“Alhamdulillah. Ini pertandingan yang sangat keras. Bersyukur bisa memenangkan pertandingan ini berkat kerja sama semua dan di ruang ganti juga disuruh Coach Shin lebih kerja keras lagi, berani main bola pendek,” kata Rachmat Irianto, yang akrab disapa Rian, dalam konferensi pers pascalaga.

“Kami bisa bermain dengan tim yang rangking FIFA lebih tinggi, kepercayaan diri dan tetap kerja keras dalam pertandingan,” sambungnya.

Suporter juga berbondong-bondong memadati stadion meski laga tak berlangsung di akhir pekan. Gelandang Persib Bandung itu atas nama tim menyampaikan hormatnya kepada para pemain kedua belas.

“Mewakili teman-teman, terima kasih kepada suporter yang hadir ke sini, sangat membantu. Itu yang kami butuhkan, dukungan, dan teriakan kalian luar biasa,” Rian menegaskan.

Anak asuh Shin Tae-yong mampu memimpin 1-0 di babak pertama, namun kecolongan pada awal paruh kedua. Jeremy Antonisse membobol gawang Syahrul Trisnal pada menit ke-47 usai menerima umpan terobosan dari Juninho Bacuna ke kotak penalti.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top