Sports

Timnas Indonesia Kalahkan Curacao 3-2, Sukses Naik 3 Peringkat di Ranking FIFA

Timnas Indonesia

KALAHKAN Curacao 3-2, Timnas Indonesia naik 3 peringkat di ranking FIFA. Ya, laga Indonesia vs Curacao telah berakhir pada Sabtu (24/9/2022) malam WIB di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat. Pertandingan ini tersaji dalam rangka FIFA Matchday September 2022.

Bermain dengan skuad terbaik, Timnas Indonesia mampu menunjukkan kualitasnya di level dunia. Melawan Curacao, salah satu tim asal CONCACAF, Indonesia mampu tampil lepas. Alhasil skuad Garuda menang 3-2 atas lawannya.’

Adapun ketiga gol Indonesia berhasil dicetak ole Marc Klok (18’) dan Fachruddin Aryanto (22’), dan Dimas Drajad (56’). Sementara gol untuk Curacao dilesatkan oleh Rangelo Janga (8’) dan Juninho Bacuna (25’).

Bukan hanya membuktikan kualitas di mata dunia, Timnas Indonesia juga berhasil merangkak naik peringkat di ranking FIFA. Sekadar diketahui, sebelum tanding lawan Curacao, posisi Indonesia berada di peringkat 156 dengan 1.019,19 poin. Sementara Curacao ada di peringkat FIFA ke-84.

Melawan tim yang berada di peringkat yang lebih baik, sangat menguntungkan bagi Indonesia. Sebab, Timnas Indonesia bisa mendapat poin lebih jika menang.

Hal itu, ternyata bisa direalisasikan oleh Indonesia. Usai memastikan kemenangan 3-2 atas Curacao, Timnas Indonesia dipastikan mendapat tambahan 7,14 poin.

Dilansir dari Football-Ranking.com, secara perhitungan real time Indonesia berhasil naik tiga peringkat ke urutan 153. Setelah mendapat tambahan 7,14 poin, saat ini koleksi poin Timnas Indonesia adalah 1.026,14.

Skuad Garuda berhasil menggeser Yaman, yang sebelumnya sudah mengoleksi 1.023,52 poin. Tentu catatan itu jadi bekal positif bagi Timnas Indonesia yang akan menghadapi Piala Asia 2023 mendatang.

Bahkan, koleksi poin Timnas Indonesia bisa kembali bertambah di laga uji coba berikutnya. Ya, sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia bakal kembali bertanding kontra Curacao di FIFA Matchday September 2022.

Jika menang di laga tersebut, Indonesia kembali mendapat poin tambahan, yaitu 7,14 poin. Pertandingan itu sendiri tersaji di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat pada Selasa 27 September 2022.

Kemenangan Timnas Indonesia Jadi Pembuktian Shin Tae Yong

Seperti yang sudah disinggun sebelumnya, kombinasi permaianan terogarnisir ditambah dukungan penonton, membuat Indonesia tampil percaya diri! Hal itu terlihat dari beberapa kali momentum ketika Curacao mencoba memberi tekanan kepada Marc Klok dkk.

Di balik kemenangan 3-2 ada satu sosok yang punya peran sentral di pertandingan malam tadi. Ya, dia adalah Dimas Drajad, striker jangkar, yang ditaruh Shin Tae-yong sebagai pemain nomor 9 di laga semalam.

Benar saja, Dimas Drajad membuktikan kepercayaan diri yang diberikan Shin Tae-yong. Pemain Persikabo 1973 itu mampu mencetak satu gol dan menyumbang satu assist.

Kemudian kecerdikan Shin Tae-yong jadi faktor utama kunci sukses Indonesia menang atas Curacao. Bagaimana tidak, Shin Tae-yong yang optimis bisa menang sejak awal, memberikan bukti nyata, dengan permainan apik skuad Garuda.

Ia tak takut memberi kesempatan pemain muda untuk mentas di laga semalam. Bahkan, sejumlah nama debutan seperti Ramadhan Sananta dan Dendy Sulistyawan pun diturunkan lawan Curacao semalam.

Timnas Indonesia bermain all out dan menyerang
Timnas Indonesia bermain all out dan menyerang

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46′), Marc Klok (Rizky Ridho 85′), Yakob Sayuri, Dimas Drajad (Ramadhan Sananta 70′ (Muhammad Rafli 84′)), Egy Mualana Vikri (Marselino Ferdinan 46′), Witan Sulaeman (Dendy Sulistyawan 74′).

Curacao: Tyrick Bodak, Dylan Timber (Ayrton Statie 54′), Justin Ogenia, Cuco Martina, Shanon Carmelia (Nathangelo Markelo 70′), Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Jeremy Antonisse, Kenji Gorré (Gevaro Nepomuceno 58′), Michael Maria (Roly Bonevacia 70′), Rangelo Janga.

Disisi lain, melihat antusiasme pendukung dan permainan apik yang ditampilkan Timnas Indonesia semalam.

Kiper Timnas Curacao Jean Marc Luis Antersijn, mengaku betah dan sudah bisa berbahasa Indonesia. Dia pun mengungkapkan hasratnya untuk bermain di kompetisi sepak bola Indonesia suatu saat nanti.

Hal itu dia sampaikan langsung di akun Instagram pribadinya @Jeanmarcluisantersijn sebelum laga melawan Timnas Indonesia Sabtu malam. Lebih menariknya lagi, postingan itu disampaikan dengan bahasa Indonesia.

“Saya sangat menantikan pertandingan malam ini melawan Indonesia,” tulis Jean Marc berbahasa Indonesia di caption-nya. “Tempat ini sangat indah, dengan orang-orang yang sangat ramah, dan saya sangat menikmati waktu saya di Indonesia,” ungkapnya

“Mungkin saya bisa mendapatkan klub di sini di negara yang indah ini, siapa tahu,” lanjut Jean Marc dengan membubuhkan emoji bendera Indonesia dan mata yang melirik.

“My indonesian is getting better and better (Bahasa Indonesia-ku semakin baik dan baik),” tutup kiper berusia 26 tahun itu sambil membubuhkan emoji wajah dengan lidah keluar dan mata berkedip.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top