Sports

Kualifikasi Piala Asia U-17: TIMNAS Indonesia U-17 Gagal Lolos ke Putaran Final

TIMNAS Indonesia U-17

TIMNAS Indonesia U-17 resmi gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023. Kepastian itu didapatkan setelah Garuda Muda finis di peringkat ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-17 melakoni laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan kepercayaan diri tinggi untuk mengunci status juara grup. Namun, Arkan Kaka dan kolega malah takluk dengan skor 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB.

Pada babak pertama, Malaysia bahkan sudah memimpin jauh 5-0 atas TIMNAS Indonesia U-17. Pasukan Bima Sakti baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-90+3 melalui aksi Arkhan Kaka Putra.

Kekalahan itu memangkas drastis peluang skuad asuhan Bima Sakti untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Sebab, catatan Indonesia menjadi minor dalam klasemen runner-up terbaik akibat kekalahan telak.

Ya, meskipun TIMNAS Indonesia U-17 sukses menang di tiga laga sebelumnya, kekalahan 1-5 dari Malaysia sangat berpengaruh dalam penghitungan akhir klasemen akhir runner-up terbaik. Sebab, hanya dua dari empat laga yang dimainkan oleh Timnas Indonesia U-17 di babak grup ini yang benar-benar dihitung menurut peraturan.

Karena pembagian grup yang tidak merata, dengan adanya beberapa grup berisi lima tim, empat tim, dan juga tiga tim, maka klasemen runner-up hanya menghitung hasil di tiga besar klasemen akhir masing-masing grup. Dengan demikian, maka kemenangan TIMNAS Indonesia U-17 atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) menjadi tidak berarti.

TIMNAS Indonesia U-17 hanya menang 3-2 atas Uni Emirat Arab (UEA), itu berarti mereka hanya bermodalkan keunggulan selisih gol +1 sebelum laga kontra Malaysia. Namun, kekalahan 1-5 menjadikan selisih gol Indonesia minus tiga (-3).

Hanya laga-laga kontra UEA dan Malaysia yang dihitung dalam klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dengan demikian, Timnas Indonesia U-17 pun finis di peringkat ketujuh.

Harapan skuad asuhan Bima Sakti sudah berada di ujung tanduk sejak kekalahan dari Malaysia. Tepat setelah laga berakhir, TIMNAS Indonesia U-17 berada di peringkat keenam klasemen sementara runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-17
Squad Garuda Muda Indonesia

TIMNAS Indonesia U-17 Memang Hanya Unggul Tipis

Dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023, keenam tim termasuk Laos dan Indonesia sama-sama mengoleksi tiga poin. 

Kemudian, kabar buruk silih berganti datang, dengan kemenangan 2-1 Laos atas Kirgistan dan 2-0 untuk Tajikistan kontra Afghanistan, maka Indonesia terlempar dari enam besar. Garuda Muda berada di urutan ketujuh setelah kedua hasil pertandingan tersebut.

Pada saat itu, Timnas Indonesia U-17 belum sepenuhnya dicoret dari klasemen runner-up terbaik. Namun, mereka perlu berharap agar India dikalahkan dengan skor 0-7 oleh Arab Saudi untuk bisa naik lagi ke enam besar. Sesuatu yang sangat sulit terwujud.

Pada akhirnya, India memang kalah namun dengan skor 1-2 dan tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 selagi Indonesia harus puas finis di peringkat ketujuh. Kini, dengan semua pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 telah dimainkan, Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final.

Adapun, putaran final Piala Asia U17 2023 awalnya akan diselenggarakan di Bahrain pada 3-20 Mei tahun depan. Namun, Bahrain menyatakan mundur sebagai tuan rumah Piala Asia U17 2023.

Kesalahan Strategi

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengakui kesalahannya dalam melakukan rotasi pemain di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.
Dalam empat pertandingan, Bima mengandalkan beberapa nama seperti Arkhan Kaka, Muhammad Kafiatur Rizky, Nabil Asyura, dan Habil Abdillah. Namun langkah tersebut justru berbuah petaka saat Indonesia kalah 1-5 dari Malaysia di laga pamungkas.

Bima menyebut ada faktor kelelahan yang dirasakan pemainnya karena hanya punya waktu istirahat satu hari sebelum kembali bertanding. Ia menyebut ada kesalahan pada dirinya karena tidak menurunkan pemain lapis kedua saat melawan Guam.

“Bisa jadi kelelahan dan kesalahan saya juga lawan Guam harusnya pasang lapis dua, terpikir di babak pertama apa kami ubah satu jam sebelum bertanding karena itu pertandingan pertama buat kami,” kata Bima dalam konferensi pers, Minggu (9/10).

Bima mengungkapkan keputusan menurunkan skuad utama melawan Guam disebabkan oleh rencananya mengamankan laga pertama kualifikasi. Itu membuat Skuad Garuda Asia menang 14-0 lawan Guam.

“Kami ambil aman dulu, di babak kedua [lawan Guam] baru kami rotasi empat pemain. Jadi kelelahan [lawan Malaysia] bisa juga jadi penyebab dan jadi evaluasi kami,” ucapnya.

Bima Sakti menyampaikan permohonan maaf usai dikalahkan Malaysia. Ia mengaku sedih karena tidak bisa membawa hasil maksimal di laga penentuan demi lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17.

Berikut adalah daftar 16 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023

Juara grup: Jepang (Grup A) Malaysia (Grup B) Qatar (Grup C) Arab Saudi (Grup D) Yaman (Grup E) Vietnam (Grup F) Australia (Grup G) Tajikistan (Grup H) Iran (Grup I) Uzbekistan (Grup J) 

Runner-up terbaik: Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, Laos

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top