Sports

Timnas Indonesia Vs Afghanistan, Debut Shin Tae Yong Bersama Tim Senior

Timnas Indonesia Vs Afghanistan, Debut Shin Tae Yong Bersama Tim Senior

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia vs Afghanistan rencananya berlangsung di Lapangan Jebel Ali Centre of Excellence, Dubai, UEA, pada Selasa (25/5/2021). Pertandingan ini akan menjadi debut pelatih Shin Tae Yong bersama skuad Garuda senior.

Shin Tae Yong sendiri sudah sejak Desember 2019 ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Namun, ia lebih banyak bertugas di tim nasional kelompok U-19 dan U-22. Hal tersebut disebabkan tak adanya jadwal Timnas Indonesia. Karena pandemi COVID-19 membuat pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga Piala AFF yang seharusnya digelar pada Desember 2020 terpaksa ditunda.

Jadi, pertandingan uji coba ini bakal jadi yang pertama bagi Tae Yong bertugas dalam pertandingan resmi di Tim Nasional Indonesia. Walaupun pertandingan kali ini tidak masuk hitungan poin FIFA, tetap saja masyarakat akan menilai kepantasan pelatih asal Korea Selatan itu.

Menjelang pertandingan nanti, Shin Tae Yong memastikan anak asuhnya dalam kondisi sangat baik. Ia ingin para pemain bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk mendapat kemenangan.

“Saya tegaskan tadi, pemain harus selalu fokus serta konsentrasi penuh. Mulai dari latihan sampai pertandingan nanti. Tak bolen main-main. Harus bersungguh-sungguh,” kata Shin Tae Yong.

Shin Tae Yong diprediksi mengandalkan skema 4-4-2 dalam laga Timnas Indonesia vs Afghanistan nanti. Witan Sulaeman dan Osvaldo Haay akan mendukung serangan di sektor sayap untuk membantu Saddam Gaffar dan Muhammad Rafli mencetak gol.

Pertandingan ini juga bakal mencatatkan rekor bagi masing-masing tim. Laga ini akan jadi yang pertama kalinya dalam sejarah bagi Tim Indonesia berjumpa Afghanistan dalam laga sepak bola.

Lihat Juga: Malaysia Takut Kemenangan Atas Timnas Indonesia Dihapus FIFA

Misi Khusus Pasukan Anoush Dastgir Di Laga Uji Coba Timnas Indonesia Vs Afghanistan

Pertandingan uji coba melawan Indonesia akan menjadi pertandingan pertama bagi Afghanistan di tahun 2021. Pasukan Anoush Dastgir pun mengemban misi khusus dalam pertandingan nanti. Afghanistan ingin mengukur kesiapan timnya sebelum berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Secara matematis, Afghanistan memang masih berpeluang melanjutkan langkah ke babak selanjutnya.

Dalam 5 pertandingan, Afghanistan mengumpulkan satu kali kemenangan, sekali seri, dan tiga kali kalah. Saat ini, Afghanistan berada di posisi ketiga dengan 4 poin. Pelatih Anoush Dastgir juga akan menyiapkan beberapa skema dalam laga Timnas Indonesia vs Afghanistan nanti.

Karena tidak termasuk dalam hitungan FIFA Matchday, jadi memungkinkan bagi Anoush Dastgir untuk memainkan banyak pemain dalam mendukung skenario pertandingan. Mereka diyakini masih akan mengandalkan Faysal Shayesteh dan Farshad Noor untuk membantu pergerakan Omran Haydary serta menggunakan skema 4-2-3-1.

To Top