Sports

Timnas Indonesia vs Vietnam: Inilah 3 Kelemahan The Golden Stars Warriors

Timnas Indonesia vs Vietnam: Inilah 3 Kelemahan The Golden Stars Warriors

Laga antara timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020 (2021) akan berlangsung pada Rabu (15/12/2021) di Stadions Bishan. Berikut tiga kelemahan timnas Vientam jelang menghadapi Indonesia di Piala AFF.

Kini Vietnam menguntit Tim Garuda di peringkat kedua Grup B dengan enam poin. Sebenarnya poin Vietnam dan Indonesia sama, namun Indonesia lebih unggul produktivitas gol.

Vietnam sendiri menampilkan permainan yang solid dalam dua pertandingan yang dilakoni. Mereka dapat menciptakan lima gol tanpa kebobolan. Mereka pun kuat dalam menguasai bola.

Tapi jika melihat lima pertandingan terakhir Vietnam, terdapat beberapa hal yang menjadi titik lemah dan dapat dimanfaatkan timnas Indonesia. Berikut tiga kelemahan Vietnam yang dapat dimanfaatkan Tim Merah Putih.

Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Ini 3 Kelemahan Vietnam

Bek Cerobooh

Vietnam mempunyai komposisi skuad yang solid, terutama pada lini tengah, yakni Nguyen Hoang Duc dan Nguyen Tuan Anh. Dengan formasi 3-4-3, kedua gelandang ini menjaga supaya lawan tidak memasuki teritorial mereka.

Melihat dari tiga laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022, tiga bek Vietnam kerap tampil ceroboh. Terutama Que Ngoc Hai dan Do Duy Manh yang kerap melakukan pelanggaran.

Lihat Juga: Absennya Egy di Fase Grup Piala AFF 2021 Jadi Sorotan Media Vietnam

Dua bek inilah yang menyebabkan Oman dapat memenangi pertandingan pada 12 Oktober 2021 lalu dengan skor 3-1. Kecerobohan Duy Manh dan Ngoc Hai menyebabkan Oman mendapat hadiah dua penalti dan satu gol kemelut. Ketika ditekan, dua bek itu cenderung tidak tenang.

Lini Kanan dan Kiri Kerap Kosong

Formasi menyerang membuat Vietnam dominan menguasai permainan pada lini tengah. The Golden Star Warriors berupaya sekuat mungkin untuk menekan lawan di sepertiga lapangan.

Karena menerapkan tiga bek, sering kali sayap Vietnam kosong. Hal inilah yang dimanfaatkan Jepang pada laga 11 November 2021. Sebetulnya ada satu gol dari skema serupa namun dianulir.

Kiper Sering Lengah

Ketika menghadapi Laos dan Malaysia, kiper Vietnam sepertinya nyaris tanpa bekerja keras. Tran Nguyen Manh tidak banyak dihadapkan dengan ancaman karena serangan lawan selalu dihadang di lini tengah dengan bola dibuang atau pelanggaran.

Tran Nguyen Manh sendiri adalah kiper cadangan Vietnam karena kiper terbaik mereka tidak bisa mengikuti turnamen Piala AFF 2020 kali ini. Dang Van Lam terpaksa absen karena tengah dalam penyembuhan cedera. Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh timnas Indonesia.

Itulah tiga kelemahan tim lawan yang bisa dimanfaatkan Skuad Garuda menjelang laga timnas Indonesia vs Vietnam pada Rabu, 15 Desember 2021 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top