Sports

Tok! KLB PSSI Akan Digelar Secepatnya

KLB PSSI Digelar Secepatnya

Mochamad Iriawan mengatakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI bakal segera digelar. Kabar terkait KLB PSSI ini disampaikan usai rapat Executive Committee (Exco) digelar pada Jumat (28/10/2022), di kantornya yang terletak di GBK Arena, Jakarta Pusat. Rapat tersebut dihadiri oleh 12 anggota Exco.

“Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi,” ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, lewat kanal YouTube resmi federasi.

Berdasarkan Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB bisa digelar jika sekurang 2/3 dari delegasi (voters), yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan tertulis.

“Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,” lanjut Iriawan.

Sebelumnya, Persis Solo dan Persebaya Surabaya menjadi dua klub yang lantang menyuarakan KLB PSSI dan telah mengirimkan surat kepada federasi terkait hal tersebut. Ini kemudian seolah memberikan kesan adanya dua kubu di sisi voters dan PSSI tidak menginginkan hal tersebut.

Lihat Juga: Desakan Iwan Bule Mundur dari Ketum, PSSI: Kesalahan Oknum

“Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya. Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI,” tegasnya.

KLB PSSI Segera Digelar Demi Liga Indonesia Cepat Berlanjut

Selanjutnya, PSSI akan mengirim surat kepada FIFA untuk memberitahukan KLB yang merupakan usulan Kongres. Surat pemberitahuan KLB PSSI kepada FIFA tersebut bakal dirilis pada Senin (31/10/2022).

KLB PSSI ini sendiri diputuskan untuk dipercepat demi kompetisi Liga Indonesia cepat bergulir kembali.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dalam membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air,” jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Lihat Juga: Hasil TGIPF Tragedi Kanjuruhan: Ketum dan Pengurus PSSI Harus Mundur!

Menurut dia, tahapan KLB PSSI akan diawali dengan bersurat ke FIFA terkait usulan Kongres.

“Tahapan Kongres Luar Biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan Kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022,” lanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top