Sports

Valentino Rossi Umumkan Pensiun Dari MotoGP Akhir Musim Ini

Valentino Rossi Umumkan Pensiun Dari MotoGP

Valentino Rossi telah mengumumkan akan gantung helm setelah MotoGP 2021. Keputusan itu ia sampaikan dalam konferensi pers yang digelar pada, Kamis (5/8/2021) di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Pebalap 42 tahun itu mengaku keputusannya untuk pension itu bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Walau begitu, Rossi mengaku telah melakukan perjalanan panjang yang menyenangkan di arena MotoGP.

“Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini, ini momen yang sangat menyedihkan. Tidak mudah untuk mengetahui saya tak akan membalap di MotoGP tahun depan,” kata Valentino Rossi dalam jumpa pers.

Keputusan pensiun itu ia ambil seiring performanya yang semakin menurun dan sulit bersaing dengan para pebalap muda. Sejak MotoGP 2017, Rossi mulai kehilangan tajinya. Ia yang merupakan runner up MotoGP 2014-2016 hanya mampu finis di urutan ke-5 pada 2017.

Peada MotoGP musim 2018, performa Rossi sempat meningkat dengan urutan finish ke-3. Namun pada 2019, prestasinya kembali menurun dengan menempati posisi ke-7 pada klasemen akhir. Performa Valentino Rossi semakin jeblok pada MotoGP 2020 dengan finish di urutan ke-15. Bahkan, lebih parahnya ia belum pernah menang balapan sejak MotoGP Belanda pada 2017.

Lihat Juga: MotoGP Spanyol 2020, Rossi Ada Pada Urutan Start ke-11

Dengan performanya yang semakin menurun dan sulitnya bersaing dengan para pebalap muda, banyak yang menyarankannya untuk pensiun. Sejak saat itulah isu Rossi akan pensiun dari MotoGP makin berhembus kencang.

Namun, juara dunia 9 kali itu nyatanya masih percaya diri untuk tampil di MotoGP. Pada MotoGP 2021, Rossi memutuskan untuk pindah dari tim Monster Energy Yamaha ke tim satelit Petronas Yamaha.

Sayang, bersama tim barunya itu, Rossi juga tidak mampu kembali mencapai performa terbaiknya. Hingga pertengahan musim MotoGP 2021, Rossi berada di urutan ke-19 dengan 17 poin dari 9 kali balapan MotoGP 2021. Saat ini ia terpaut selisih 139 poin dari posisi puncak klasemen MotoGP 2021, Fabio Quartararo. Bahkan, pada balapan terakhir di Belanda, Rossi tampil buruk, start dari posisi 12, ia akhirnya finis si urutan ke-21.

Ketidakmampuan The Doctor untuk tampol kompetitif di MotoGP musim ini mmebuatnya makin dekat dengan keputusan untuk pensiun. Rossi lalu meminta waktu untuk memikirkannya secara matang terkait keputusan masa depannya.

Hingga akhirnya menjelang memasuki parung ke-2 MotoGP 2021, masa depan Valentino Rossi akhirnya terjawab. Melalui konferensi pers pada, Kamis (5/8/2021) malam, Rossi menyatakan pensiun setelah MotoGP 2021.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top