Tech & Auto

3 Laptop Gaming Terbaru Milik Asus di Tahun 2021

3 Laptop Gaming Terbaru Milik Asus di Tahun 2021

Pada Consumer Electronics Show (CES) beberapa waktu lalu dan salah satu brand terkenal memperkenalkan tiga seri laptop gaming milik mereka. Ia adalah asus. Setelah berhasil dengan seri sebelumnya, kini Asus tengah gencar mempromosikan tiga laptop terbarunya. Yakni ROG Flow X13, ROG Strix Scar 17 serta ROG Zephyrus Duo 15 SE.

Pada produk terbarunya ini, Asus memperkenalkan prosesornya, yakni AMD Ryzen 5000 yang berbasis arsitektur Zen 3. Pihaknya mengkonfirmasi bahwa memang benar tiga seri laptop terbaru mereka ini akan memiliki prosesor seri AMD Ryzen 50. Tak hanya itu, untuk layar yang mereka pakai saat ini adalah panel 4K 120Hz, QHD 165Hz, serta FHD 360 Hz

 Asus Dengan Inovasi Laptop Gaming

Siapa yang tidak kenal dengan brand satu ini? Untuk Anda pengguna elektronik. Brand Asus bukan lagi brand asing di telinga Anda. Asus merupakan sebuah perusahaan yang bekerja di bidang produksi komponen seperti kartu grafis, notebook hingga komponen papan induk. Namun belakangan ini asus mulai untuk menjajal bidang produksi PDA, ponsel, monitor LCD, Tablet dan produk komputer lainnya.

Asus pernah menjadi produsen dengan penjualan papan induk yang lebih banyak dari perusahaan lainnya.Itu yang membuatnya naik daun pada tahun 2005 lalu. Merek ini juga kerap kali dipilih penggunanya karena berani memberikan jaminan garansi hingga 2 tahun untuk produk seperti nottv. Berikut adalah beberapa laptop gaming yang akan ngehits tahun 2021 ini.

1. Seri Laptop Gaming Dengan AMD Ryzen 5000

3 Laptop Gaming Terbaru Milik Asus di Tahun 2021
Laptop Gaming Terbaru Milik Asus di Tahun 2021

Pada tanggal 5 November lalu, ada berita mengejutkan datang dari Advanced Micro Device, inc. Mereka mengabarkan bahwa pihaknya telah meluncurkan seri terbaru dari prosesor desktop miliknya. Mereka juga menambahkan bahwa mereka telah mulai melakukan penjualan secara global dan itu termasuk negara Indonesia.

Prosesor desktop terbarunya yaitu AMD Ryzen 500 series. Prosesor tersebut mereka buat dengan menggunakan arsitektur Zen 3 tersebut hadir dalam empat SKU yang terdiri dari beberapa bagian seperti Ryzen 9 5950X, Ryzen 9 5900X, Ryzen 7 5800X serta Ryzen 5 5600X.

Dari keempat SKU yang dimiliki oleh Ryzen 5000 series yang telah AMD luncurkan, pada seri AMD Ryzen 9 5950X diklaim bahwa prosesor desktop yang paling kencang di dunia saat ini. Hal ini karena prosesor tersebut sudah memiliki enam belas core, tiga puluh dua thread, tujuh puluh dua MB cache, TDP seratus lima watt dan boost clock yang telah mencapai frekuensi lebih dari 4.9 GHz.

Untuk itu prosesor ini kan menjadi dominasi pada bagian beban kerja thread yang berat dengan efisiensi daya yang lebih baik dengan meningkatkan performa gaming sampai 26%.

Perlu Anda ketahui bahwa AMD ini merupakan penerus dari pendahulunya yaitu Ryzen 3000 series pada kelas desktop. Hal itu karena saat ini AMD belum juga meluncurkan Ryzen 4000 series.

2. Laptop Gaming Asus ROG Flow X13

Laptop Gaming Asus ROG Flow X13
Laptop Gaming Asus ROG Flow X13

Seri laptop gaming ini diperkenalkan Asus dengan nama Asus ROG Flow X13 yang hadir dengan layar yang berukuran 13,4 inci Full HD. Layar tersebut juga memiliki refresh rate sebesar 120 HZ serta aspect ratio 16 banding 10.

Selain itu, layar oleh Asus ROG Flow sudah mendukung fitur touchscreen. Jadi, Anda bisa mengoperasikannya dengan alat bernama stylus. Laptop ini juga Asus bekali dengan prosesor AMD Ryzen 9 5980 HS, GPU Nvidia GeForce GTX 1650 dengan RAM DDR4 32GB dan store sebesar 1 TB.

Menariknya Asus justru menambahkan GPU eksternal seperti ROG XG Mobile. GPU jenis tersebut mencakup grafis Nvidia GeForce RT X 3080, yang dapat beralihn menjadi adaptor. Baterai pada laptop ini memiliki kapasitas sebesar 62Whr yang dapat bertahan kurang lebih selama 10 Jam dengan penggunaan yang normal

 3. Asus ROG Strix Scar 15 & 17

Asus ROG Strix Scar 15 & 17
Asus ROG Strix Scar 15 & 17

Menurut Asus, kedua laptop ini sebenarnya sudah Asus luncurkan pada tahun lalu. Akan tetapi Asus kembali membawa keduanya dengan meningkatkan spesifikasi dan desain keduanya lebih tinggi. Spesifikasi antara keduanya yang telah terupdate ke versi 2021 ini telah hadir dengan screen ratio sebesar 5 persen lebih besar dibandingkan model dulunya.

Pada ROG Strix Scar 17 kali ini Asus membekalinya dengan layar yang berukuran 17 inci Full HD dengan refresh rate 360 Hz. Juga response time 3 ms. Dari spesifikasi itu, Asus yakin bahwa laptop tersebut mampu untuk memangkas waktu delay hingga kurang lebih 33 persen. Ini lebih cepat daripada dpanel 240Hz

Sementara itu untuk model ROG Strix Scar 15 akan Asus hadirkan dengan layar sebesar 15 inci. Juga dengan refresh rate sebesar 300 Hz serta response time 3 ms. Sementara itu untuk model kedua mereka, model tersebut dibekali ukuran layar yang sama. Namun yang membuatnya berbeda adalah ia hanya mendukung resolusi Full HD dengan refresh rate sebesar 300 Hz dan waktu respon 3 ms.

Baca Juga : Akhirnya AMD Ungguli Intel Setelah 14 Tahun

Pada layar sekunder yang dimiliki oleh Zephyrus Duo 15 SE memberikan layar dengan ukuran 14.1 inci dan resolusi sebesar 4K. Akan tetapi meskipun laptop ini hanya mendukung refresh rate 60 Hz. Laptop ini juga dibekali dengan processor jenis AMD Ryzen 9 5900Hz, dengan kartu grafis (GPU) Nvidia GeForce RT 30.80.

AdaRAM sebesar 32 GB dengan SSD sebesar 2 TB. Asus mengatakan bahwa mereka membekali laptop jenis ini dengan baterai yang memiliki kapasitas baterai sebesar 90 Whr dengan port type c.  

To Top