Tech & Auto

4 Manfaat Teknologi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Banyak orang beranggapan bahwa selain membuat hidup lebih mudah, teknologi juga memiliki banyak sekali pengaruh buruk terhadap kehidupan kita. Dengan adanya teknologi, kita menjadi sangat ketergantungan dan kehilangan sifat-sifat alamiah kita sebagai manusia. Well, teknologi diciptakan memang untuk dimanfaatkan agar hidup menjadi lebih nyaman dan mudah, masalah ketergantungan adalah kembali kepada individu masing-masing bagaimana seharusnya kita memanfaatkan teknologi dengan bijak. Berikut adalah 4 manfaat teknologi untuk kesehatan fisik dan mental.

Mobile Apps untuk Kesehatan

Ketika belum adanya mobile apps, orang akan menghitung kalori secara manual, menghitung masa kesuburan secara manual yang sayangnya kadang masih kurang akurat karena adanya faktor ‘human error’ saat ini dengan adanya aneka pilihan mobile apps seperti workout apps, fitness apps, diet tracking apps bahkan menstrual cycle apps untuk para wanita semuanya tersedia dan bisa digunakan dengan mudah, akurat dan kebanyakan malah ditawarkan secara gratis.

Tracker Yang Bisa Dikenakan

Teknolog tracker saat ini tak hanya digunakan oleh para travellers tapi juga oleh para healthy junkies yang ingin selalu memonitor gaya hidup sehat mereka. Dengan teknologi tracker, Anda bisa mendapatkan data secara lebih cepat dan akurat. Sebagai contoh adalah fitness tracker, dengan alat ini Anda dapat mengontrol dan memonitor gaya hidup sehat Anda dengan lebih nyaman dan mudah dimana Anda bisa mengatur target, kemudian mengatur startegi untuk mencapai target tersebut dan lewat alat canggih yang bisa Anda kenakan tapi tetap fashionable, Anda dapat memonitor kemajuan Anda dalam mencapai target. Alat tersebut dapat juga menjadi self-motivator Anda sekaligus ­self-reminder bahwa ada target yang belum tercapai, target tertunda dan target yang harus segera dikejar.

Telemedicine

Apa itu telemedicine? Ini adalah salah satu kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan yang sepertinya paling menguntungkan. Jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari dokter atau rumah sakit, telemedicine adalah solusi yang cerdas dimana Anda bisa tetap berkonsultasi tentang masalah kesehatan Anda tanpa harus pergi ke rumah sakit atau menemui dokter secara langsung, karena dengan telemedicine Anda dapat berkomunikasi dengan dokter Anda lewat video chat, email, telepon dan banyak cara lainnya. Selain itu sekarang sudah banyak website yang dikelola secara professional dimana Anda bisa berkonsultasi langsung tentang masalah kesehatan minor dengan para dokter ahli secara gratis lewat media chatting yang disediakan oleh website-website tersebut.

Fisher Wallace Stimulator

Alat yang dikenal dengan sebutan Fisher Wallace Stimulator ini merupakan salah satu teknologi terbaru yang didesain khusus untuk para penderita depresi. Depresi adalah sebuah kondisi mental yang dialami oleh seseorang yang sangat sulit untuk diprediksi. Seseorang yang mengalami depresi di satu waktu bisa terlihat normal dan tak berselang lama bisa berubah seratus delapan puluh derajat. Ketika hal tersebut terjadi, obat anti depresi adalah solusi tercepat tapi dengan Fisher Wallace Stimulator, kondisi tersebut dapat dicegah secara efektif. Berbentuk seperti pengikat kepala, alat ini akan membantu menstimulasi otak agar menurunkan kecenderungan depresi. Bagi pasien depresi yang mencari solusi mengatasi depresi tanpa pengobatan, teknologi bisa menjadi solusi.

Alat-alat tersebut adalah bukti bahwa teknologi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari terutama dalam bidang kesehatan dan gaya hidup. Dengan adanya teknologi, Anda bisa memotivasi diri Anda sendiri untuk bisa hidup lebih sehat bahkan Anda juga bisa membuat diagnosa untuk jenis-jenis penyakit minor dari informasi yang Anda kumpulkan di internet atau berkonsultasi secara online dengan dokter ahli.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top