Tech & Auto

5 Fakta UniPin, Penyelenggara Turnamen eSports Terbesar Di Asia Tenggara

5 Fakta UniPin, Penyelenggara Turnamen eSports Terbesar Di Asia Tenggara

UniPin adalah penyelenggara turnamen esports SEACA (Southeast Asia Cyber Arena), merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Mulai tanggal 12 November 2021, UniPin SEACA 2021 akan kembali digelar setelah sempat vakum pada 2020 lalu.

Namun, mungkin masih belum banyak yang tahu tentang UniPin sebagai perusahaan penyedia turnamen esports SEACA. Nah, berikut 5 fakta tentang penyelenggara salah satu turnamen esports terbesar ini.

Penyedia Konten Digital

Penyedia konten digital ini ternyata merupakan perusahaan asal Indonesia. Platform yang menyediakan berbagai kebutuhan game online dan produk digital ini tersedia di lebih dari 30 negara dengan 7 juta pengguna aktif. Aneka konten digital yang disediakan dapat dibeli melalui sejumlah channel dengan beberapa metode pembayaran. Mulai transfer bank, e-wallet, e-commerce, kartu kredit, pulsa hingga jaringan mini market.

Lihat Juga: Kerjasama Dengan UniPin, Kini Pengguna Bisa Beli Voucher Game di Aplikasi Grab

Berdiri Tahun 2009

IniPin berdiri pada 2009 dengan bisnis awal sebagai penyedia konten digital di Tanah Air. Co-Founder sekaligus CEO UniPin Ashadi Ang kala itu mencoba untuk menyatukan pembayaran dari berbagai game online.

Kemudian pada 2011 UniPin resmi dirilis setelah melalui sejumlah pengembangan bisnis maupun teknologi. UniPin sendiri adalah singkatan dari Universal Pin, sebagai satu buah pin untuk mengakses seluruh game. Di bawah naungan PT 24 Jam Online, mereka berkembang pesat hingga akhirnya pada Juli 2011 mereka bekerja sama dengan seluruh gerai Indomaret di Indonesia untuk penjualan voucher game online.

Bekerja Sama Dengan Banyak Pihak

November 2011 mereka bekerja sama dengan Lyto yang merupakan penerbit game online yang mempunyai komunitas game online terbesar di RI. Selain itu, mereka juga berkolaborasi bersama Moonton, penerbit Mobile Legends: Bang Band pada 2017. Di tahun yang sama, mereka juga mengadakan seminar bersama beberapa kampus terkait industri game.

Kemudian pada September 2019, mereka dipercaya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mepromosikan Wonderful Indonesia dan co-branding UniPin ke dunia.

Ekspansi Ke Asia Tenggara

Bukan saja Indonesia, saat ini mereka juga telah mengenspansi beberapa negara di Asia Tenggara. Ekspansi tersebut dimulai pada 2018 melalui kerja sama dengan TNC Philippine Holdings Inc di Filipina. Tahun 2019, mereka juga membuka kerja sama dengan jaringan minimarket Malaysia, KK Super Mart.

Di tahun yang sama, mereka juga menjadi mitra dari berbagai platform e-commerce di Tanah Air. Ekspansi tidak berhenti, mereka bermitra bersama 7-Eleven, jaringan toserba dengan lebih dari 3.000 cabang di Filipina. Sebelumnya mereka juga menjalin kerja sama dengan Shopee dan grab.

Lihat Juga: Deretan Skin Baru Mobile Legends Yang Rilis Bulan Februari 2021

Penyelenggara Turnamen eSports Terbesar Di Asia Tenggara

Turnamen esports ini dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung tiap tahun dan ratusan pemain dari berbagai negara. Sejak 2018, digelar turnamen esports tahunan yang diberi nama UniPin Indomaret Championship. Pada tahun ini, setidaknya beberapa turnamen esports telah diselenggarakan oleh UniPin. Salah satunya turnamen khusus wanita di Indonesia Bernama Ladies Series Championship yang mempertandingkan game Mobile Legends: Bang Bang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top