Tech & Auto

5 Tips Membeli Mobil Bekas Bagi Pemula

Saat ini kebutuhan akan transportasi pribadi bisa saja bergeser dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer terutama mobil. Selain itu proses pengurusan pinjaman atau kredit untuk membeli sebuah mobil tak lagi dipersulit bahkan relative lebih mudah karena memang untuk sebagian orang membeli mobil baru secara cash dianggap terlalu berat. Namun ternyata ada alternatif lain untuk membeli mobil secara cash dengan harga miring yaitu dengan membeli mobil bekas namun tentunya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil bekas walaupun mobil tersebut adalah jenis mobil keluaran terbaru.

  1. Belilah Langsung dari Tangan Pertama

Membeli mobil bekas langsung dari tangan pertama selain harganya lebih murah daripada membeli lewat perantara, Anda juga bisa bertanya-tanya secara langsung si pemilik yang selama ini menggunakan mobil tersebut.

  1. Periksa Eksterior Mobil

Walaupun bagian terpenting dari sebuah mobil adalah mesinnya tapi tetap saja sebaiknya periksa bagian yang terlihat dengan jelas terlebih dahulu yaitu bagian eskteriornya, seperti kondisi catnya, kacanya, bannya, bagian lampu termasuk bagian bawahnya apakah ada bagian yang keropos atau berkarat.

  1. Periksa Kondisi dan Performa Mesin

Setelah pemeriksaan eskterior lulus maka lanjutnya untuk memeriksa kondisi dan performa mesinnya. Jika Anda kurang paham maka penting untuk mengajak seseorang yang paham betul tentang kondisi dan performa mesin. Lakukan test drive, jangan hanya pada jalan yang mulus saja tapi juga lakukan dijalan yang tidak rata untuk mengecek performa mobil secara menyeluruh. Ketika melakukan test drive jangan terburu-buru tapi lakukan secara runtut kalau perlu buatlah daftar check list hal-hal apa saja yang ingin Anda test dan buat skor-nya untuk memastikan bahwa walaupun mobil bekas tapi tetap memenuhi standard kenyamanan yang Anda inginkan.

  1. Kelengkapan Aksesoris dan Interior

Jika Anda merasa oke dengan kondisi dan performa mesin maka luangkan juga waktu untuk memeriksa kelengkapan aksesoris dan interior mobil seperti kondisi AC, jok mobil, dashboard, kaca mobil apakah naik turunnya berfungsi dengan baik, kaca sepion, lampu sein, lampu rem, radio, fasilitas audio lainnya dan jangan terlewat satupun.

  1. Periksa Kelengkapan Surat Menyurat

Jangan tergiur dengan harga murah mobil tanpa surat menyurat yang lengkap atau si penjual memberikan aneka alasan ketika diminta menunjukkan surat menyurat mobil karena Anda patut mencurigainya. Jadi pastikan semua surat-menyurat mobil sudah lengkap ketika akhirnya transaksi dilakukan tidak boleh ada satu suratpun yang tertinggal. Untuk lebih memastikan lagi ajak pemilik mobil untuk melakukan tes fisik di samsat terdekat untuk memastikan mobil yang akan dijual memang benar adalah mobil yang tertera dalam dokumen BPKB dan STNK.

Pada dasarnya membeli mobil bekas memang harus dilakukan secara langsung tanpa perantara akan lebih mudah prosesnya, kalaupun memang harus menggunakan perantara karena si empunya mobil juga kurang paham tentang proses jual beli mobil setidaknya Anda harus teliti dalam bertanya soal sejarah mobil dan kalau bisa mencari tahu alasan mengapa sebuah mobil baru hendak dijual kembali, karena bisa saja mobil yang masih baru dijual karena memang ada cacat produksi yang si empunya tidak mau terima sehingga lebih baik dijual saja atau dialihkan kreditnya. Sayangnya jika Anda yang membelinya maka Anda yang justru akan rugi padahal mungkin harganya hanya lebih murah sekian juta saja dari mobil baru dari showroom. Ingat walaupun Anda akan membeli mobil bekas, bukan berarti Anda tidak bisa pilih-pilih, dimana-mana pembeli adalah raja baik yang dibeli adalah mobil balu ataupun mobil bekas kalau tidak cocok, jangan merasa tidak enak untuk bilang tidak jadi membeli selama alasannya masuk akal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top